Just Like Your Name “Soleha”

IMG_7387

Saya mengenalnya sejak sekitar tahun 2011, di mana saat itu saya sudah menikah dan berbelanja rutin ke pasar demi keselamatan dapur rumah tangga :p

Saya memang lebih suka berbelanja ke pasar tradisional dibanding ke super market karena menurut saya ikan, ayam, daging, sayur, dll lebih segar di pasar. Terlebih ikan, wuihhh rugi banget tinggal di Padang tapi jarang2 beli ikan. Kalau dikatakan murah, yah ga juga sih tapi segernya ga ada yg ngalahin. Saya kalau nyampe pasar dan liat ikan yang cantik-cantik suka kemaruk mau beli semuanya.

Untuk pasar pilihan saya di Padang ini adalah Pasar Tanah Kongsi atau sering disebut juga Pasar Pondok atau Pasar Cina, karena letaknya memang di Pondok yang merupakan perkampungan orang-orang Tiongkok di Padang. Pasarnya ga yg luas-luas banget tapi semuanya ada, mulai dari serai sampe paprika, jeruk nipis sampai lemon, buncis sampe kapri, ikan asin sampai paket shabu, lengkaps! Justru memudahkan saya karena sy ga perlu terlalu jauh ngiterin apalagi kalau lg bawa Gaby. Sesekali sy ke pasar Simpang haru yang deket rumah kalau persediaan sayuran abis berhubung sayur kan ga terlalu tahan lama, jd biasanya di pertengahan minggu udah harus belanja lagi.

Karena udah lama belanja ke pasar ini, saya udah kenal dan berlangganan dengan beberapa pedagangnya. Jadi setiap ke pasar, saya akan datengin lapak satu per satu, pesen ini itu (mis : minta ikan dibersihin, ayam difillet, dll) trus sy tinggal dan saya lanjut ke lapak lain. Nah, belakangan baru sy jalan lg berlawanan arah sembari bayar dan bawa yang sudah sy pesen sebelumnya. Nah, di situlah beban terasa berat, belum lagi kadang Gaby udah cape trus merengek-rengek minta digendong. Saat itulah kehadiran Ibu Soleha yang biasa dipanggil Amak Leha ini terasa sangat menyejukkan hati dan meringankan beban, hahahha…

Awal-awal dulu sy kebingungan saat Amak Leha nyamperin saya. “Banyak belanjo nak? Amak bantu maangkek barang yo nak.. (Belanjaannya banyak nak? Amak bantu ngangkatin barangnya yah..)”, katanya. Saya terus terang memandang aneh, melihat dia sudah tua dan badannya kecil gitu. Trus sy jawab “Lai kuek amak? Barek mah Mak, ndak usahlah (Emang amak kuat? Berat ini Mak, ga usah aja lah)”. Tapi kemudian dia menjelaskan bahwa dia kuat dan sangat sennag kalau diizinkan membantu. Sekilas kalau orang melihat kok tega banget yah saya, tapi ahhh cukuplah saya dan Amak Leha yang tau.

Biasanya dengan senyumnya dia akan datang ketika dia melihat saya udah di ujung pasar, saya pun demikian. Seperti ada rindu yang lepas aja kalau melihatnya.Lalu sambil menyusuri kembali lapak-lapak tempat saya menjemput belanjaan, dia akan mengingatkan sy ini itu kali aja ada yang kelupaan. Entahlah karena dia udah terbiasa atau gimana, rasanya dia udah hafal banget kebutuhan pokok sy dalam perbelanjaan ini. Kadang-kadang dia yg ngomel kalau pedagangnya kasih harga kemahalan, hahahhahah..

Biasanya di jalan menuju parkiran mobil, kami akan ngobrol tentang dia dan tentang saya *cieee, kaya pacaran aja*. Dia mengeluhkan ongkos ojek yang semakin mahal, katanya dia harus mengeluarkan biaya Rp 15.000,- sekali jalan ke/dari pasar dari/ke rumah. Dia bilang dia suka sekali bisa bekerja karena dia merasa badannya semakin kuat dan badannya terasa segar. Dia bilang dia ga suka males2an di rumah. Biasanya saya akan kasih sedikit rezeki untuknya. Dan dia selalu mendoakan agar sy sehat terus, keluarga sy baik2 aja lalu memandangi mobil sy yang bergerak pulang sambil bilang : “Minggu bisuak lai yo nak (minggu depan lagi yah nak)”. Sekalipun sy banyak tidak tepat janji karena baru datang 2 minggu kemudian atau malah lebih, krn sy hanya sempat belanja di pasar dekat rumah.

Di foto di atas dia bilang sama sy bahwa dia malu difoto karena giginya udah ga ada, lalu kami tertawa bareng2.Amak Leha yang soleha, selalu mendoakan banyak orang, menasihati sy agar baik-baik ngurus anak, soleha sekali seperti namanya.

Leave a Reply

