MPASI Gaby : 5 Jenis Menu dan Resep Untuk Makan Pertama Gaby

Finally makan juga nih Gaby.. Sehari sesudah dia genap berusia 6 bulan, tepat di hari Sabtu tanggal 13 Juli 2013 yang lalu, Gaby akhirnya bisa menjawab rasa penasarannya tiap liat kami memasukkan sesuatu ke mulut. Dia emang selalu melotot kalau lihat kami makan. Tp krn MPASI disarankan sesudah bayi berusia 6 bulan, kami pun bersabar menunggu waktunya.

Di awal makan, kami (saya dan si papi) mengajaknya untuk berdoa dulu. Doanya masih sama sampai sekarang, isinya : “Tuhan Yesus, Gaby mau mamam, berkati makanan Gaby biar Gaby bertumbuh sehat, kuat dan cerdas. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin”. Emang sengaja doanya singkat begitu, biar semakin lama dia semakin mengerti itulah doa makan, berbeda dengan doanya setiap sebelum tidur. Gaby sih klo diajak berdoa yah melotot kadang sambil senyum2 aja. Sekarang belum ngerti, tp mami yakin Roh Kudus akan memimipin Gaby untuk lebih mengerti bahwa semua yg Gaby alami adalah berkat Tuhan yah sayang…

Gaby belum punya high chair, udah pengen beliin sih.. Tp ntar deh, pulang dari liburan Siantar aja. Jd utk sementara Gaby duduk di bouncer dulu. Dan sejauh ini sy sendiri yg ngasih makan gaby pas jam istirahat kantor.

Menu pertama Gaby adalah bubur beras merah wangi. Untuk serealia sy pake Gasol, soalnya bingung mau nyari beras organik. Tp kemarin jalan2 ke Metro Fruit Center ngeliat ada beras merah organik, ntar2 mau bikin sendiri aja ah tepung beras nya. Untuk MPASI Gaby ini, sy berharap bgt bs home made alias racikan sy sendiri. Gasol pun harus dimasak, bukan bubur instan. Dan satu lg, mudah2an ga tergoda sama garam dan gula. Pengeeeeen bgt Gaby bs bebas gargul sampe berumur 1 tahun. Doakan kami yaaaaah…

Sy ngasih gaby makan sekali sehari aja dulu, jam 12.00. Untuk tiap menu yg sama dikasih 2 hari berturut-turut utk melihat reaksi alergi. Sengaja ngasi serealia di awal biar ga keburu ngerti rasa manis, hihihihi..

Hari pertama dan kedua : Bubur Beras Merah Wangi

Untuk Bubur Beras Merah wangi gampang bgt cara bikinnya : 1 sendok tepung beras merah wangi dicampur 100 ml air, diaduk2 di atas api kompor dgn api sedang selama 5-7 menit (sampai kental), sesudahnya tuangkan di mangkok dan tambahkan ASI perah. Untuk awal2 agak cair dulu aja, soalnya bayi kan baru belajar mengunyah, biar ga kaget.

Beras merah

1

Tuuuuuh, Gaby suka bgt sama bubur beras merah wanginya, dia makan dgn lahap sampe abis. Emang wangi sih buburnya, sy aja sampe pengen makan jg, hehehehe.. Rasanya? Hambar pastinya. Tp gawsah takut, bayi kan belum tau rasa manis dan asin, krn selama ini mimik ASI yg juga hambar.

4

Gaby jg utk pertama kali kenal air mineral, dia kaget tuh dgn air yg ringan ini, beda dgn ASI yg menemaninya selama 6 bulan ini.. Mukanya lucu bgt, tp dia doyan. Hanya saja ga disaranin ngasi air putih banyak2 krn bs melarutkan nutrisi ASI. Tp jangan ga dikasi air putih jg, kan penting bwt ngebersihin sisa2 makanan di lidah dan tenggorokannya.

3

MPASI pertama berjalan dgn lancar jaya. Ga butuh waktu lama, buburnya udah ludes aja dan Gaby ngeliatin mangkok nya yg kosong. Yaaaah, besok lg yah nak..

Hari ketiga dan keempat : Bubur Kacang Hijau

Resep nya sama sih hanya saja tepung beras merah diganti tepung kacang hijau : 1 sendok tepung kacang hijau dicampur 100 ml air, diaduk2 di atas api kompor dgn api sedang selama 5-7 menit (sampai kental), sesudahnya tuangkan di mangkok dan tambahkan ASI perah.

Burjo Waktu makan ini Gaby mau sih tp ga seantusias bubur beras merah wangi, krn ga sewangi sebelumnya mungkin yah..

Hari kelima dan keenam : Bubur Jagung

Resep nya masih sama jg hanya sajakali ini pakai tepung jagung : 1 sendok tepung jagung dicampur 100 ml air, diaduk2 di atas api kompor dgn api sedang selama 5-7 menit (sampai kental), sesudahnya tuangkan di mangkok dan tambahkan ASI perah.

Jagung

Ternyata Gaby kurang demen dunk.. Saat dikasih ini, apalagi di hari kedua Gaby nutup mulutnya rapat2, pake acara nangis pula. Huhuhuhu, sy sedih. Sy pikir jangan2 Gaby ga demen makan, sama seperti dia ga doyan2 bgt mimik. Makanya sy mikir utk MPASI berikutnya sy mau aksih buah aja, biar gaby ga trauma makan, itu pun sambil komat kamit berdoa biar dia demen.

Hari ketujuh dan kedelapan : Pure Pepaya

Resepnya : Pepaya diparut trus disaring abis itu campur dengan ASIP. Gampang bgt kan?

Pepaya

Sy udah deg2an pas ngasih ini. Apalagi awal2 Gaby nutup mulutnya, mungkin dia keingetan jagung yg dia ga suka itu, tp pas akhirnya berhasil membuka mulutnya dan masukin pepaya, eh dia akget, trus langsung mangap2 utk minta dan minta lg, hehehhehe.. Puji Tuhan, gaby suka sama pepayanya.

Tp ada yg berbeda, waktu masi makan ketiga bubur di atas pup Gaby ga bau2 amat, walopun udah padet, pas udah makan pepaya, hmmmm, wanginya semerbak kakaaaaaak, hihihihihi..

Hari kesembilan dan kesepuluh : Pure Pisang

Resep : Pisang dibuang dulu bagian serat2 (bagian terluar sesudah kulit dikupas) trus dikorek2 pake sendok tp ga nyampe ke bagian biji. Abis itu tambahkan ASIP.

Pisang

Rasanya uenaaaaak, maminya aja doyan. Jd bagian2 yg ga boleh dimakan sama Gaby, maminya yg ngunyahin, hihihi.. Awalnya pengen pisang Ambon biar ga bikin sembelit, tp ga nemu, akhirnya pake pisang lokal aja yg mirip pisang Ambon tp ukurannya lebih kecil2. Ternyata ga bikin sembelit dunk, malah lancar jaya itu pup yg terbau selama Gaby ada di dunia ini sejauh ini, hahahahha..

Nah, itulah 5 MPASI pertama Gaby… Doain yah biar gaby pinter mamam. Utk berikutnya sy mau ngasih dia makan 2x sehari, sekali serealia2an, sekali buah. Utk awal2 ini pake menu tunggal dulu. Krn Gaby sepertinya ga melahap buburnya se’excited dia makan buah, sy udahy siapin kaldu ayam yg sy masak sendiri baut campurannya. Mudah2an Gaby suka..

2

Maap yah temen2 mami yg lg puasa, Gaby nya mamam dulu. Mudah2an puasa om dan tante lancar semuanya…

9 responses

  1. Mba, mau tanya itu bouncernya pliko kan ya? Tau tempat yg jual kain dudukannya aja? Aku dapet bouncer itu juga dari saudara, tp kainnya udah banyak jamurnya krn dulu sering ketumpahan makanan bayi..heheee

  2. Wah! Ma kasih banget buat infonya. Bayi saya bulan depan masuk ke 6 bulan. Lagi bingung mau MPASI gimana. Jadi, untuk 6 bulan pertama menunya tunggal aja dulu ya.

  3. Hi mommy Gabby,.makasih banget sharenya jadi punya ide buat putri kecil kami yg ntar lagi mpasi…oya tepung beras merah, tepung kacang hijau itu gimana cara buatnya? Tepung jagung juga…thanks yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s