Happy 1st month “Gaby sayang..”

Gaby sayang,,saat baca surat mami ini Gaby udah berapa yah usianya? Udah gede pasti yah boru papi mami.. Mami jd membayangkan gimana Gaby bertumbuh semakin besar..

Sebenernya mami sangat kesusahan mencari waktu untuk bisa nulis di sini dan berceritera banyak tentang Gaby krn memang sangat banyak yg bisa diceriterakan tentang pertumbuhan Gaby.. Hanya dalam satu bulan dunia mami jungkir balik dengan hadirnya Gaby.. Jungkir balik dlm arti campur2 deh semuanya mulai dari episode bahagia, sedih, ketakutan, dll.. Tapi mami mau niatin paling tidak dalam setiap bulan ada update-an ceritera tentang Gaby dlm bentuk surat, biar Gaby ntar bisa baca dan membayangkan gimana kehidupan kita saat Gaby belum bisa mengingatnya..

Waktu Gaby baru lahir, mami kaguuum bgt liat bayi cantik yg diletakin di atas perut mami.. Dlm hati mami mikir kok bs yah Tuhan mendandani Gaby dgn begitu indah.. Rambut Gaby tebel, pipi Gaby chubby, kulit Gaby putih, huaaa mami ga akan mampu melukiskan gimana rasanya saat kita bersentuhan skin to skin.. Terlebih kita berhasil melalui tahapan Inisisasi Menyusui Dini (IMD).. Makasih yah sayang buata kerja keras Gaby merangkak menuju ke mimik, mami salut buat semangat Gaby..

Pertama kali Gaby belajar mimik jg menjadi suatu drama mengharukan buat kita. Mulai dari ASI mami belum keluar sampe sesudah bengkak dan mami demam Gaby malah ga mau mimik. Untung ada opung Siantar yg sangat mendukung mami. Krn Gaby belum bisa mimik jg, akhirnya mami perah ASI mami pake tangan dan tampung di gelas. Mami ga pernah membayangkan akan begitu kondisinya, jd mami ga bawa breastpump, ga bawa botol steril, dll. Yg mami tau saat itu Gaby harus mimik, dan puji Tuhan ASI nya keluar sekitar 2 sendok. Kalau yg mami baca, kebutuhan bayi baru lahir memang paling setengah sendok, jd mami legaaaa bgt waktu Gaby mau mimik dgn disuapin opung Siantar dan mami sibuk perah. Opung Jkt yg awalnya sempat goyah mau kasih sufor jg akhirnya salut dgn perjuangan kita nak. Seudahnya, saat siang papi dateng, Gaby malah nunjukin jagonya bgt dgn ngenyot mimik kuat2. Huaaa,,tak terlukiskan bahagianya mami saat itu..

Ternyata perjuangan mimik ga sampe situ aja. Mami mulai merasa kesakitan klo Gaby mimik krn posisi pelekatan (latch on) belum bener. Mimik Gaby sampe lecet2 dan tiap kali Gaby mimik, mami sampe gigit kain dan air mata mami sampe keluar sangking sakitnya. Mami emang ga mau pake salep, takut Gaby ntar jd ga suka klo ada sisa2 salep, mami tahan aja sambil kita cari posisi enak. Puji Tuhan, posisi itu akhirnya dapet dan perlahan-lahan lecetnya sembuh. Itu pun krn air liur Gaby. Makasih yah sayang..

Seminggu sesudah Gaby lahir, mami mulai memerah. Mami mau cadangin ASIP buat Gaby sebagai upaya mami biar Gaby bs ASIX. Mudah2an Tuhan berkenan yah nak. Waktu awal merah paling dapetnya cuma 15-20 ml, hihihihi.. Tp sedikit demi sedikit produksinya bertambah seiring Gaby makin pinter mimik. Klo sekarang, hmmmm, Gaby malah maunya mimik terus sampe mami kelimpungan dan akhirnya mami cm bs memerah sekali sehari doang pas Gaby udah bobo pules. Memerah itu pun mami lakukan sekitar jam setengah 3 pagi dgn melawan rasa ngantuk yg luar biasa. Ayo kita semangat terus nak utk kecukupan ASI Gaby.. Saat ini ASI mami ga sbanyak orang2 itu sih, tp mami mau terus semangat, semangat kasi mimik ke Gaby dan semangat memerah krn katanya makin diperah akan semakin banyak. Dlm hal nabung ASI ini, mami banyak nanya2 sama tante2 yg udah duluan melaluinya. Puji Tuhan banyak yg mau bantu kita belajar🙂

Sesudah 10 hari dari kelahiran Gaby, Gaby akhirnya puput.. Horeeeee,,udel panjangnya lepas.. Dan saat itulah mami mulai mandiin Gaby, kalau sebelumnya dimandiin sama opung Siantar. Awal2 mandiin mami canggung sehingga lama, akhirnya Gaby nangis kedinginan. Tp Gaby paling suka klo udah masuk ke ember mandi, mungkin krn air angetnya mirip kaya’ waktu dalem perut mami yah.. Belum pernah Gaby nangis saat masuk ember sekalipun sebelumnya nangis kenceng. Sejak puput itu jg, Gaby mandinya 2x sehari, sebelumnya pagi doang..

Sesudah puput itu jg mami panik krn Gaby sering nangis kenceng sampe sekitar 3 jam dgn badan ditegangin dan muka sampe merah. Mami bingung Gaby kenapa. Mana saat itu ga ada papi lg krn papi harus balik ke Bdg ngurus kuliahnya.. Itulah masa2 yg sangat menyedihkan buat mami, saat harus melihat Gaby kesakitan. Belakangan mami menduga klo itu kolik. Sangking mami sangat sedih saat itu, mami bikin status di Facebook dan ternyata ainilah cara Tuhan menolong kita. Banyak yg kasih comment di status itu dan ada yg berupa saran pijet I love You (ILU). Langsung deh mami browsing dan buka youtube, langsung praktekin ke Gaby jg. Puji Tuhan setelah hampir 2 minggu Gaby kesakitan dan mami hanya bs tidur sekitar 3 jam, perlahan-lahan Gaby semakin pulih. Dan sekarang Gaby emang masih suka bangunin mami, tp itu krn Gaby laper/haus dan pengen main2 nendang2 dgn bebas, atau pengen digendong2 sama mami. Setidaknya walopun mami harus kebangun tiap kali Gaby bangun dan terjaga sekitar 1-1 setengah jam setiap Gaby kebangun itu, tp mami bukan ngadepin Gaby yg kesakitan. Mami jg harus menghentikan semua makanan/minuman yg berbau sapi dan olahannya. Agak susah sih ini nak, soalnya masa menyusui ini kan mami banyak laper tp pilihan makanan terbatas. Yah mudah-mudahan aja ntar pas udah lewat masanya Gaby udah bisa terima lagi yah..

Dlm usia 3 minggu, Gaby udah kenal diapers sekalipun cm dipake pas malem. Tp puji Tuhan dampaknya baik krn Gaby jd ga bolak balik kebangun. Hanya saja mami harus rajin2 ngecek dan mengganti biar Gaby ga ruam. Oh yah, menjelang 1 bulan Gaby jg udah mulai pake diapersnya siang. Klo abis mandi pagi emang belum dipakein, pelan2 deh biar Gaby terbiasa dan biar ada masa istirahat dari diapers. Dlm hal ini pun mami banyak nanya2 dari tante2 temen2 mami.

Gaby udah makin pinter sendawa. Mungkin dl kolik itu pun krn Gaby ga bisa sendawa ini dan kadang mami pun lupa menyendawakan krn melihat Gaby udah tidur pas abis mimik. Waktu Gaby belum bs sendawa, klo mami sendawakan Gaby bukannya ngeluarin suara eh malah meletin lidah dan mengerucutkan bibir sampe bibirnya keciiiil bgt. Ckckckckck.. Klo kata papi kok bs sih bibir sekecil itu ngenyot gede bgt😀

Tanggal 14 Februari ntar rencananya Gaby imunisasi, saat itulah mami akan tau berat badan Gaby, mudah2an bertambah dgn baik yah nak. Ga perlu gendut bgt yg penting sehat..

Setelah 2 minggu lebih opung Siantar nemenin mami, gantian opung Jakarta yg dateng. Minggu depan opung Jakarta harus udah balik tp mami belum nemu ART. Sediiiih bgt tiap inget itu. Ayo qt doain nak, ini penting bgt.

Rasanya segitu dulu yah nak, walopun sebenernya masih banyak hal2 detail lain.. Tp mami sangat terbatas waktu.. Mudah2an mami bisa ceriterakan langsung ke Gaby sambil qt ngobrol2 mengenang masa2 ini kelak. Mami akan ceriterakan gimana Gaby pas awal mami telungkupkan biar belajar angkat kepala, Gaby pas kaget denger kentut sendiri sampe nangis, gimana papi sangat sayang Gaby dan rela gantiin mami gendong Gaby tengah malem (sayang papi harus tinggal di Bandung dl, klo ada di sini pasti mami sangat tertolong) dan bagaimana mami tetep melangkah maju walopun kadang dianggep sok tau. Yg mami tau, mami akan selalu berusaha melakukan yg terbaik buat Gaby.

Oh yah nyelip dikit ceritera, pas ada gempa beberapa hari yg llau jam setengah 6 pagi. Dgn cepet mami nyamber Gaby dan selimut trus teriak bangunin opung Jkt, kita keluar rumah. Mami bungkus Gaby pake selimut dan cepet2 kasi Gaby mimik biar ga kedinginan. See? Dlm sebulan aja udah banyak bgt ceritera kebersamaan kita yah.. Bahkan sangking banyaknya bersama, mami sampe kejar2an dgn waktu utk bs mandi bahkan pipis, krn kadang2 Gaby ga bisa ditinggal.

Mami akui, mami sempat merasakan marah, kecewa, frustrasi khususnya saat Gaby kolik itu. Maafin mami yg kurang sabar ini yah nak.. Saat itu mami sering nangis dan kadang marah sama Gaby, tp tiap liat muka Gaby lg mami langsung nyesel dan belai2 Gaby. Untungnya papi dan opung selalu mendukung mami. Mungkin itulah yg disebut orang baby blue.. Dan itu timbul krn mami terlalu cape. Tp sekarang, mental mami udah lebih kuat.. Mudah2an semua perkara sulit ini bisa kita lewati yah..

Yah sudah dulu yah nak, mami harus mandiin Gaby biar Gaby seger,antik dan enak ntar bobonya.. Gaby mungkin masih terlalu kecil utk mami mintain tolong, tp dlm hal ini tolong mami yah nak.. Terus bertumbuh sehat, kuat, cerdas krn itulah yg menguatkan mami..

Selamat ulang bulan yg pertama,, papi mami luvyu so much Gaby sayang :*

IMG_2334

IMG_2398IMG_2452

IMG_2438

IMG_2441

IMG_2456

IMG_2495

4 responses

  1. Liaaaa terharu bgttt baca kisahmu ini, selamatt ya say, kagum aq liat dirimu ,gabynya sehat sehat trusss ya biar cepet gede, gaby lucu bgtttt, salam peluk cium bwt gaby ya muahhhh

  2. Uhuhuhuhu Lennyyyy,,selamat datang di blog iniii.. Emang mengharu biru poko’nya yg punya anakk ini Len.. Semua rasa bercampur baur🙂
    Makasi tante Lenny.. Peluk cium jg dari Gaby buat tante :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s