Persalinan : ” Miracle Itu Bernama Gabriela Eshitani Elektra Napitupulu “

Halooooo,,sy muncul lagiii..Dan kali ini sy muncul dgn status berubah krn sy udah menjadi seorang ibu *berbunga-bunga*

Fiuuuh,,akhirnya nyampe jg ke blog ini dan bs berceritera lg.. Beneran deh, suliiit bgt nyari wkatunya sekarang2 ini. Sebenernya daripada asik di sini, akan lebih enak mandangin wajah anak di samping sy yg lg tidur ini, menikmati ekspresinya yg berubah-ubah : kadang ketawa, kadang monyongin bibir, kadang seolah-olah sedang mimik, kadang meringis, ahhhh poko’nya klo kata opung Siantar dia ini ‘pemain watak’, hihi.. Tp demi menyimpan kenangan yg akan dia baca nantinya, sy merelakan waktu utk nulis di sini. Apalagi banyak yg ketika ditanyakan tentang persalinan suka lupa, makanya sebelum sy lupa sy buru2 menuangkan ceriteranya di sini.

Jadiiii, sesudah sy selesai packing utk perlengkapan RS pd tgl 10 Januari malem yg lalu dgn hasil seperti ini :

IMG_2212Sy numpukin barang doang, selanjutnya yg masukin ke koper adalah si papi

IMG_2213

IMG_2214

Selanjutnya sy nemenin si papi ngerjain tugas yg harus dia selesaikan hari itu jg krn tgl 11 Januari harus dia titipin ke temen kuliahnya yg lg di Padang utk dibawa ke Bandung. Sembari nemenin si papi sy bikin postingan ini, di mana di postingan itu sy tuliskan bahwa utang sy bikin daftar kebutuhan Miracle udah selesai, jd sy bs menanti kelahiran Miracle dgn tenang. Tp sy sungguh tak menyangka klo penantian itu sekejap saja. Selama bikin postingan itu emang kerasa sih perut agak lain, Miracle melakukan gerakan2 yg kenceng bgt.

11 Januari 2013 pukul 03.30, akhirnya tugas si papi kelar dan postingan blog sy jg kelar trus kami bersiap utk tidur. As usual, sy pipis dl. Waktu ngeringin pake tissue, sy liat kok tissuenya rada merah muda gitu trus sy tunjukin si papi. Si papi langsung nunjukin muka cemas. Sy sebenernya agak panik, tp sy pasang muka tenang. Sy bilang paling tissuenya kena luntur dari bungkus kemasannya.

Pukul 04.30 yg artinya sy baru tidur beberapa menit, sy kebangun dan merasa mules banget. Tp mulesnya sampe ke pinggang selingkaran gitu. Sy inget bahwa ini merupakan kontraksi seperti yg pernah dibilang mama, tp masih ragu antara kontraksi dgn pengen pup. Pas sy coba pup, ternyata bisa jd sy pikir bukan kontraksi. Cuma sy sempat mikir kok mules yg tadi itu bikin sampe keringet dingin gitu yah. Udah ilang mulesnya, sy lanjut tidur lg. Sengaja ga bangunin si papi, takut dia cemas. Tp ke depan begitu sy ceriterakan tentang ini dia marah krn ga dikasitau, jd bagi yg lg pregnant dan udah deket hari sy sarankan utk menyampaikan keluhan sama suami.

Krn tidurnya udah jam segitu, jadinya kami baru kebnagun sekitar jam 9-an. Setelah ngulet2 dan melamun2 sebentar di tempat tidur, sy ke kamar mandi lg. Trus sy liat ada noktah merah di underwear sy. Masih di toilet, sy langsung nelp mama menceriterakan rangkaian kejadian itu. Langsung deh dijawab sama mama : “Waaaah, udah tanda-tanda itu nang, tp mungkin bisa besok atau lusa”. Keluar toilet sy ceritera lg sama suami. Dia bingung.

Dlm banyak bacaan disebutkan bahwa utk mempercepat bukaan sebaiknya banyak jalan2. Dan itulah yg sy lakukan. Sy jalan2 sekeliling rumah dan pekarangan bahkan akhirnya nyapu pekarangan depan dan belakang. Sempat jg nyuci2 underwear (klo baju kami laundry, tp underwear dicuci sendiri). Pas cek lg ke toilet, ternyata fleknya udah makin banyak, warnanya kecoklatan gitu. Selama sy beraktivitas sesekali si gelombang cinta dateng, tp dateng dan pergi gitu trus durasinya sebentar2 aja. Langsung deh nelp mertua dan mama hingga akhirnya diputuskan bahwa inang dan mama akan nyampe di Padang keesokan harinya (Sabtu tanggal 12 Januari 2013). Kami sempat menanyakan apakah itu ga kecepetan, tp jawaban keduanya sama bahwa itu ga akan lama lg.

Tadinya sy berencana berangkat ke akad nikah Sari Wahyuni yg merupakan temen satu bagian di kantor, tapi ternyata saat itu sy udah mules2 jd waktu bu Arnita nelp sy, sy  bilang sepertinya ga memungkinkan utk sy dateng. Si papi pun cepet2 beres2 tugas kuliahnya trus kami siap2 utk nganterin tugas itu ke temennya yg mau balik ke Bandung. Oh iya, di jalan menuju ke rumah temennya itu kami sempet berantem sama sopir angkot. Abis, sopirnya nyolot sih. Sy yg biasanya diem klo si papi marahin orang yg sembarangan di jalan, kali ini gara2 pengaruh kesakitan jd ikut marah, malah sy bentak2 si sopir angkot lebih galak daripada si papi. Hihihihi, penting yah berantem dgn sopir angkot saat sedang kontraksi.

Dari rumah temen si papi, kami singgah di KFC. Ouuuw, sakit boleh2 aja tp rasa laper ga boleh ditolak dan selera makan ga boleh ditahan, hehehe.. Tp kali itu kami putuskan utk makan di rumah aja. Abis makan, sy tidur dulu. Etapi penting lho utk beristirahat selagi bisa krn sesudahnya saat gelombang2 itu dateng semakin rapat, jgn harap bisa tidur.

Bangun tidur sy jalan2 lg di pekarangan rumah. Jalan2 ini emang penting bgt. Sy rasa waktu melahirkan sy bisa lebih cepet dari prediksi pun krn sy banyak jalan dan beraktivitas, jd si bayi cepet turun masuk panggul. Udah jam 18.00 kami ke klinik praktek Obgyn sy. Sebelumnya sy udah sms si dokter menceriterakan tanda2 itu, trus pesennya klo udah mules tiap 10 menit agar segera ke RS. Biar tennag, kami samperin ke kliniknya biar dia bs langsung liat sendiri.

Oh yah, kontraksi itu sempat hilang sehingga sy sempat mikir klo yg sebelumnya itu adalah kontraksi palsu, jd sebenernya sy belum akan melahirkan. Tp ternyata gitu, klo masi bukaan 1 sampai 4 itu jaraknya bisa aja berjauhan.

Nyampe di klinik si Obgyn, dia masih tetap dgn senyum ramahnya. Trus dia bilang dia mau periksa (apa yah namanya yg masukin jari ke vagina utk cek udah bukaan berapa itu). Sy sebenernya merasa gimanaaa gitu, tp ketika dia bujuk dgn kalimat : “Ayo buuu, ga boleh takut2, kan katanya pengen normal” , sy langsung luluh. Kalimatnya selanjutnya : “Mmmmh, iyaaaa.. pinter ini anaknya cari jalan, udah bukaan 2. Langsung ke RS aja yah bu. Nanti qt ketemu di sana. Kemungkinan lahirnya subuh atau besok pagi. Ibu tetap tenang dan terus berdoa biar semuanya baik2 aja yah.”

Pulang dari sana kami langsung ke RS? Oh tentu tidaaaak! Kami malah makan dulu di Warung Kito, hahahhaha. Ini si calon mami mikirnya makan mulu yah. Tp makan emang penting lho, biar qt bertenaga dan ga lemes. Bahkan selesai makan, kami sempet ke bakery shop dl, beli roti buat bekal malem di RS. Lahhhh,,emang ke RS mau piknik? #nyengir

Sesudahnya baru kami pulang, cek2 barang bawaan lg trus brangkaaaat ke TKP. Nyampe RS ternyata urusan administrasi lama yaaah. Itu orang2 admin lemotnya minta ampun. Tp lumayanlah, sembari nunggu urusan admin yg lamanya 90 menit itu sy bisa jalan2 lg. Masih dlm tujuan yg sama, biar bukaannya makin cepet. Setelah dapet kamar, kami bukan langsung menuju kamar tp menuju bagian kebidanan. Katanya harus dilakukan rekam jantung bayi terlebih dahulu. Hasilnya? Katanya detak jantung bayi terlalu cepet dan klo cepet begitu ga akan mungkin dilakukan normal, harus Cesar. Haaaahhh?? Kok aneh yah, pdhl saat di klinik praktek Obgyn td semuanya baik2 aja. Untungnya dokter favorit sy bijaksana. Ketika si bidan nelp dia utk melaporkan ini, dia bilang pasang oksigen aja dulu, dan liat hasilnya sesudahnya.

Mau tau wajah sy saat kontraksi itu? Ini diaaaa, gratiiiis bwt pembaca blog sy :

IMG_2415Pasang oksigen dan miring ke kiri (miring kiri ini baik utk upaya mempercepat bukaan)

IMG_2418Saat lg kesakitan

Sesudah pemasangan Oksigen, dan cek jantung bayi lg, ternyata normal. Huaaaa,,senengnyaaa.. Tp si obgyn berpesan klo sy tetep di Ruang Bersalin aja, ga boleh masuk kamar rawat inap. Padahal di Ruang Bersalin itu ga nyaman bgt lho, tempat tidurnya sakit. Dan kasihan banget si papi krn harus stand by nungguin sy dengan duduk di kursi. Jd dari jam 10 malem sampe jam 6 pagi keesokan harinya, kami habiskan waktu di Ruang Bersalin ini. Tiap sy kesakitan, dia usap2in pinggang belakang sy. Usapan ini sangat bermakna lho saat lg kontraksi.

Oh yah, si Bidan sempat BT sama sy krn sy ga mau ngizinin dia melakukan pengecekan bukaan. Lagiaaaan,bukaan masi jauh dari lengkap kok, buat apa dicek udah bukaan berapa. Sy inget mama berpesan utk jgn mau bolak-balik dicek bukaannya, ntar vaginanya jd bengkak. Dan si Obgyn pun udah bilang sebelumnya klo sy ga perlu dicek lg bukaannya, ntar dia aja. Krn sy ga mau diperiksa ini, bidan itu BT trus ngeloyor ke luar gitu aja. Ga ramah bgt! Untung pas lahiran, yg dampingi si dokter bukan dia, udah ganti shift bidan jaga nya.

Tp akhirnya jam 06.00, si Bidan nyaranin utk ke kamar dl dan istirahat. kata dia paling ntar lahirannya sore. Huuuu,,sok teu!!! Tp sy masi kuat jalan kaki lho menuju kamar.

Nyampe kamar, sy baring sebentar trus bersih2, hihihi.. Sybersih2 badan,  ganti2 baju dan bersih2 muka. Sy sempat pakai bedak dan lipgloss krn sy pikir biar ntar pas lahir anak sy harus liat maminya rapi. Konyol emang krn namanya baru lahir bayi yah ga langsung bs liat😀

Jam 07.30 si Obgyn udah nyampe RS dan manggil sy utk turun lg ke Ruang Bersalin. Dia nanya ,”Gimana Bu?” trus sy jawab, “Ahhhhhh, minta ampun deh dok!” Yah serapi2nya sy saat itu tetep aja muka udah kusut masai krn kesakitan. Dia ketawa trus bilang “Minta ampun boleh asal jangan angkat tangan aja”.

Saat dia lakukan pengecekan lg ternyata udah bukaan 6. Huaaaa, waktunya semakin dekat dan gelombang cinta menyerang sy bertubi-tubi. Si dokter memprediksi bahwa sy akan melahirkan paling cepet dlm waktu 2 jam dan paling lama 4 jam. Hihihihi, ga keburu deh kedua opung Miracle liat lahiran cucunya. Tp sejak awal udah dijelasin bahwa si papi bisa mendampingi sy, kata si dokter biar si papi makin sayang sama sy dengan melihat kesakitan yg sy alami. Hmmm,,harus sy kasih reward nih Pak Dokter.

Gimana rasanya setelah bukaan 6? Maknyuuuuuus bgt! Ga sempat tarik nafas si gelombang cinta dateng bertubi-tubi. Belum ilang yg satu, eh yg berikutnya udah dateng lg trus dateng lg trus dateng lg. Suami sy? Ooooh, dia gpp. paling2 sy pukul2 dan gigit2in aja, hahaha.. Tp bener lho, si papi luar biasa dlm mendampingi sy. Sempet sy liat dia meringis kesakitan waktu sy gigit, tp dia dgn pasrahnya tetap membiarkan utk sy gigit dan pukul. Suamiku baik sekaliiii.. Teori pernafasan yg diajarin pas senam hamil? Hmmm, banyak yg bilang terlupakan krn kesakitan apalagi klo anak pertama, tp bagi sy ga segagal itu, masih kepake lah ilmunya sekitar 50%. Ini lah sy menjelang bukaan lengkap :

IMG_2419

12 Januari 2013 pukul 9-an si dokter masuk lg, dan ternyata bukaan udah lengkap. Padahal itu adalah saat di mana sy merasa sy akan menyerah. Untunglah waktunya pas. Kata si dokter : “Gimana rasanya bu? Ada rasa mau berak?” (Kata2 ini tanpa mengalami pengeditan). Sy jawab, “Banget pak dokter.” Dia balas,” Oke, kita keluarkan sekarang yah.” Jadiii, selama bukaan belum lengkap, kita ga boleh ngejan krn takut robek bahkan robeknya bisa nyampe ke anus. Klo kata dokter,”Kasian ntar Bapaknya klo robek2 gitu.” Menahan keinginan utk ngejan ini yg rasanya gimanaaa gitu.

Si dokter ngajak sy berdoa dl, doanya :”Tuhan Yesus, tolong beri kelancaran dlm proses persalinan ini biar ibu dan bayi sehat semua”

Selanjutnya, dia pasang apa itu namanya tempat letakin kaki biar ngangkang saat lahiran itu. Trus dia pesen ,”Ibu, begitu sakitnya dateng lg langsung ngejan yah bu.” Waktu ngejan pertama ternyata urine sy banyak, biar ga nyemprot sy dipasangin kateter. Baru deh sy ngejan lg. Ngejan pertama trus tarik nafas, ngejan kedua trus si dokter menyemangatin krn katanya rambutnya udah keliatan. Trus sy sempat tarik nafas agak lama, kata dokternya klo tarik nafas sebentar aja trus lanjut ngejan lg. Sy ngejan lg katanya kepalanya udah mulai keliatan. Ngejan lg dan sempat curi nafas. Trus ngejan yg kenceeeeeeeng bgt, kepalanya keluar. Udah deh, begitu kepala keluar sy berhenti ngejan. Bayi ditarik aja sama si dokter trus diletakin di perut sy. Kata dokter,”Bener sesuai prediksi bu, perempuan”. Waaaaah, sy terkesima sekali kakaaaak. Rasanya ga percaya Miracle yg ada di dalem perut sy itu udah keluar. Jd jg qt kopdar yah nak :* Sy langsung ngomong ke si papi yg dari td ikut menyemangati sy, :”Anak qt pap..”  Si papi langsung nyium kening sy. Ahhhhhh,,semua sakit langsung lenyaaaaap! Indaaaaaah bgt. Rasanya ada sesuatu yg mengisi jiwa sy dan membuat jd hangat.

Abis itu dokter memerintahkan bidan dan suster2 di situ utk melap sekedar aja krn selanjutnya akan dilakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) seperti kesepakatan sy dgn si dokter baik hati ini. Sembari bayi dibawa, dokter nekan2 perut sy ternyata ngeluarin plasenta. Pas plasenta keluar rasanya plong. Abis itu dia nekan2 perut sy ngeluarin darah, kerasa kaya’ ngeluarin air dari kran gitu. sesudahnya dilakukanlah penjahitan, hmmmm ga terlalu sakit lg krn sebelumnya udah ngerasain yg lebih sakit.

12 Januari 2013 pukul 09.50 WIB lahirlah Gabriela Eshitani Elektra Napitupulu ( Gaby ) di Rumah sakit Yos Sudarso Padang dengan panjang 47,5 cm dan berat 3,14 kg.

IMG_2216

IMG_2219

Entah kenapa bayi sy lama bgt dianterin lg pdhl si dokter udah berkali-kali manggil. Akhirnya disusulin sama si dokter dan kembali diingatkan bahwa sy ingin melakukan IMD. Itu bidan dan suster2 kenapa sih rese bgt seolah-olah sy ga perlu IMD. Tp itulah pentingnya mengatur kesepakatan dgn dokter. Dari awal sy udah mau dokter yg pro normal dan pro IMD, dan puji Tuhan sy diizinkan Tuhan utk menikmati itu semua.

Gaby merangkak pelan ketika diletakkan di perut. Dia bergerak menuju payudara sy dan memasukkan puting ke mulutnya. Sy sampe berkaca-kaca melihat usahanya. Sesekali dia nangis, mungkin kelelahan. Tp kami berhasil melakukan skin to skin, Gaby pun nyampe ke PD, sekalipun ASI sy belum keluar saat itu. Tp dari beberapa bacaan sy, keberhasilan IMD itubukan ditentukan keluar atau tidaknya ASI. Yg penting sy berhasil menjalani tahapannya. Saat lg IMD inilah inang (ibu mertua) sy nyampe. Ga lama kemudian, Gaby dibersihkan dilanjutkan membersihkan sy.

IMG_2234

IMG_2255

Ternyata packing2 sy itu banyak ga kepake, soalnya selama di RS Gaby memakai perlengkapan yg disediakan RS termasuk popok, bedong dan selimut. Bahkan peralatan mandinya pun disediakan. Hihihihi, harus menunda pemakaian baju baru yah nak.

Kami pun kembali ke kamar dgn perasaan nyaman. Sy dibawa duluan bersama inang dan si papi. Gaby menyusul sekitar 15 menit kemudian setelah dihangatkan. Sy minta suami agar memastikan bener bahwa Gaby ga dikasih susu formula. Sy jg minta dirawat gabung biar bisa melaksanakan pemberian ASI.

Hari itu ASI sy ga langsung keluar. Inang sempat khawatir, apalagi ketika ada suster yg nawarin sufor. Tp sy tolak dgn tegas. Sy bilang bahwa sampe 3 hari pun gpp klo Gaby belum minum krn dia masih punya cadangan makanan. Inang bilang kasihan klo dia ga dikasih minum trus si suster malah dgn nyolot ngomong,”Tega bgt sih bu anaknya ga dikasih apa2, ntar kuning lho!” Sy langsung jutekin dia dan bilang,”Poko’nya sy ga mau!” Dia melengos keluar kamar. Ealaaaah mbak suster, ntar klo sampeyan udah merid dan punya anak sendiri silahkan deh merasa betapa inginnya ngasih yg terbaik utk anak.

Jadi yah, ga mesti profesi di bidang kesehatan itu tau segalanya. Ga semua orang komunikasi jago bikin artikel, ga semua Polisi Lalu Lintas hafal UU Lalu Lintas, dan ga semua perawat/bidan/dokter ngerti IMD, ASIX, RUM. Itulah kenapa setiap calon ibu sebaiknya gali ilmu sebanyak-banyaknya biar bisa kasih yg terbaik utk anaknya. Dan klo udah punya ilmu itu, tegas jugalah dlm menjalankannya, sekalipun orang terdekat mulai mempengaruhi qt utk melakukan kelonggaran2 terhadap ilmu2 itu. Mungkin klo saat itu sy mengikuti anjuran inang dan si suster utk kasih sufor itu, sy akan menyesal sampai saat ini bahkan mungkin sampai seumur hidup sy. Sufor itu memang dibuat utk tujuan yg baik yaitu menggantikan ASI ketika si ibu tidak bisa menghasilkannya, tp klo emang ibu bisa menghasilkan ASI yah ga perlu pake sufor. ASI adalah makanan terbaik utk bayi hingga ia berusia 6 bulan, krn usus bayi masih terlalu muda utk mencerna makanan lain.

Untunglah sorenya mama nyampe dan membawa berbagai jenis makanan yg menggugah selera sehingga sy makan banyak. Mama sangat tegas utk nyuruh sy makan dan makan, krn itulah yg diperlukan utk menghasilkan ASI. Oh yah, tentu aja setibanya di RS mama sangat sumringah dgn cucu barunya. Cieeee,,yg berubah status jd opung, bahagia nih yeeeee!!! Bagi mama dan mertua, Gaby emang cucu pertama. Jd wajarlah klo keduanya heboh🙂

Sampe malem ASI sy belum bisa keluar jg, tp sy masih tenang krn masih ada 2 hari lg. Hari kedua ASI sy udah mulai keluar tp Gaby belum bisa mimik. Sedih bgt rasanya dan bercampur khawatir takut Gaby jd kuning. Sy terus berdoa biar Tuhan beri kelancaran dlm upaya pemberian ASI ini. Mama mengingatkan sy utk ga usah stres. Gaby mau sih sesekali ngenyot, tp dia ga pinter masukin aerolanya, dia ngenyot sebatas puting aja. Sementara semakin banyak ASInya, payudara sy makin bengkak dan putingnya makin rata, sampe ga keliatan putingnya. Tp begitupun adalah setetes dua tetes yg amsuk dari hasil kenyotan di puting itu. Lumayaaaan. Setau sy, bayi baru lahir hanya butuh setengah sendok ASI.

Sampe malem kedua belum ada kemajuan yg berarti sehingga sy makin uring2an, apalagi klo di sekitar ada yg ga memberi dukungan, rasanya hampir frustasi. Tp mama terus mengingatkan sy utk ga cemas. Malem itu ASI sy mulai tumpah2 dan badan sy mulai anget. Sy bangun jam 12 malem dan masih berusaha nyodorin ke mulut Gaby, tp Gaby nya tidur terus, males ngenyot. Akhirnya sy panggil bidan jaga. Untungnya bidan ini berbeda dari suster yg kemarinnya. Dia malah bilang sampe 8 hari masih aman, jd sy tenang aja. Sy semakin lega.

Keesokan harinya pas si dokter visit, sy tanyakan tentang masalah itu. Dokter dgn tenang menjawab,”Ini ASI nya banyak kok bu, sabar yah dedeknya lg belajar minum, dia belum nerti harus masukin aerola nya.” Sy semakin tenang dan terus berdoa.

Pas si papi nyampe RS (si papi nginep di rumah, yg jaga sy di RS mama dan inang), waktu sy lg usaha ngasi mimik Gaby si papi ngelus2 kepala Gaby, dan ajaib, Gaby masukin aerola dan mengenyot dgn kenceng! Puji Tuhan!!!!! Waaaah, ternyata nungguin papi utk nunjukin jagonya yah naaaak.. Keliatan lah warna ASI yg kuning2 muncul di puting sy, kolostrum lah itu yah, antibiotik terbaik sedunia utk bayi🙂

Sejak itu resmilah Gaby mimik dari sy. Bahkan siangnya, ketika ada yg ngunjungin kami, Gaby nangis sendiri minta mimik dan waktu dikasih dia langsung mau ngenyot dgn laper. Senengnyaaa, gaby nya kenyang maminya pun ga kesakitan krn kepenuhan🙂

GABRIELA ESHITANI ELEKTRA NAPITUPULU

Gabriela dari Gabriel yang artinya malaikat penjaga. Selama hamil sy sendirian dan sy selalu berdoa agar Malaikat Tuahn berjaga-jaga atas sy.

Eshitani dari Eshita artinya karunia Tuhan yg sudah lama dinanti-nantikan. Krn Gaby lahir sesudah 2 tahun pernikahan kami, dan itu pun sempat diuji terlebih dahulu.

Elektra (inang yg kasih nama ini) krn papi Gaby lg dlm program S2 Teknik Elektro dan papi mami Gaby kerja di PLN yg merupakan perusahaan listrik. Setelah kami googling ternyata Elektra artinya cahaya terang.

Napitupulu merupakan nama keluarga yg turun dari si papi.

Sehat-sehat etrus yah nak.. Akhirnya mami bisa gendong, peluk, dan cium Gaby.. papi mami luvyu sooooo much..

IMG_2249Digendong papiiii..

IMG_2287Opung2 rempong

IMG_2290So happy having you in my life nak :*

IMG_2269mau meninggalkan RS, back home..

IMG_2262Gaby with mami, opung boru Siantar dan opung boru Jakarta

IMG_2264Our happy lil’ family.. Kumplit!!!

Note : Saat bikin postingan ini kepotong dgn Gaby 2x pipis, 2x pup, dan 2x mimik..😀

10 responses

  1. Ahhhhh..kaka…ampe menitikkan air mata aku bacanya…
    Karna apa yang kaka alami semua, aku dan suami udah sering bahas dan sepakat bareng2 untuk ngelakuin yang kaka lakuin, Keukeh dengan ASI, whatever around us think what the hell we know about as a new parent, thanks for sharing kakaaa…..

    Anw, namanya elektra suka bgt, ntar aku panggilnya elektra ajah ya, gaby panggilan buat yang lain2 ajah, hihihi….
    Selamat buat kaka dan abang ya, smoga elektra jadi anak yang bisa buat semua orang disekitarnya sukacita selalu :’)

    • Iya deeek.. Akan banyak tantangan tp maju terus pantang mundur.. Ilmu pengetahuan kan terus berkembang, jd ‘cara’ yg dulu belum tentu baik diterapin sekarang..

      Sehat terus sampe persalinan yah dek.. Banyak2 jalan ntar klo udah 7 bulan.. Enak bgt lho lahiran normal.. Abis lahiran udah langdung bs mondar mandir dan dandan2 cantik mnyambut pengunjung🙂

      Makasi dari Gaby buat semua doanya tante.. Terserah mau ngambil nama yg mana🙂

  2. selalu termehek2..termewek2…dan merindang merinding baca cerita persalinan..huhuhuhuh…
    helooow gebyracle…sehat terus ya naaak…tumbuh jd pribadi yang cantik..pintar dan anggun…muach..muach…

  3. baru sempet baca blognya mbak lia….selamat ya mbak..cewek juga kayak anakku Joycelyn..sejak abis lairan aku cuma sempet posting 1 foto aja, gak sempet nulis2..tp kalo di instagram aku banyak posting foto. btw salam kenal buat Gaby..GBU

  4. ngubek2 postingan ini soalnya baru nemu artinya
    jadi ELEKTRA artinya bukan semata2 kerja di PLN hihihi
    ELEKTRA artinya cerdas, cuma itu yang diinget, ada rujukan ayat alkitabnya besok aq catet hehehehehe

    #efekCariNamabukaPrimbon hihihiihihihihihihi

    btw numpang disini komen gak nyambung….mumpung ada waktu
    kawanmu nikah ma bang Paul ya hehehehe
    terusssss BLW donk mommy…..sabtu minggu aza,
    terusssss….jangan buah mulu mommy ntr picky eater

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s