Mau dibilang ‘Pencuri’???

Klo lg blog walking, sy suka baca beberapa cerita blogger yg kesel bgt krn ada sesuatu nya dia yg ‘dicuri’, dan itu pastinya bikin kesel banget. Entah apalah sesuatu itu, yg jelas klo yg namanya karya kita trus dicomot orang lain dgn seenaknya, jelas bgt itu nyebelin.

Sy jg adalah orang yg sebel sama ‘pencuri’ jenis begituan. Mungkin krn emang dari dulu sy ga suka nyontek yah. Beneran deh, dari zaman TK sampe sekarang dlm hal ujian2an gitu, sy ga pernah nyontek. Masa sih? Iya lhooooo!!! Sy lebih milih begadang dan belajar mati2an utk dapet nilai bagus daripada sy nyontek. Bahkan pernah pas zaman SMU, temen2 sekelas melakukan ‘nyontek berjamaah’, jadi contekan ditulis dlm 1 kertas trus diedarin berkeliling. And you know what? Contekan itu mandeg di sy,,hehehehe.. Jd begitu si contekan itu nyampe di tangan sy, sy bener2 ga berani buka, lah gimana mau buka klo megangnya aja udah gemetaran. Akhirnya temen2 ngasih kode biar sy cepet2 nyonteknya, dan tuh kertas segera diedarin lg. Sy langsung aja melanjutkan jalan kertas contekan itu tanpa berani membukanya. Yah begitulah, sy emang bener2 ga berprestasi untuk urusan mencontek ini. Lain hal yah klo ternyata ujiannya emang open book, sy pasti berani buka buku, walopun yg namanya ujian open book sampe jungkir balik jg ga akan nemu jawaban di bukunya krn biasanya lebih bersifat analisa gitu.

Masalahnya, ketegasan hati sy untuk tidak mencontek ini, tidak sama besarnya dengan ketegasan sy untuk tidak membiarkan pekerjaan sy dicontek. Dan asal kalian semua yg pernah mencontek pekerjaan sy (emang ada yah di antara pembaca blog ini) tau, sy SEBEL bgt sama siapa pun yg mencontek pekerjaan sy, termasuk mencuri ide2 sy yg kemudian diakui sebagai idenya dia. Itu termasuk dlm golongan ‘pencuri’ menurut kamus sy. Better klo ngomong terus terang utk mau nyomot2 hasil karya sy. Krn sesungguhnya ide itu harganya sangat mahal. Sy bisa dianggap orang bego krn banyak bengong padahal sebenernya sy lg mikir nyari ide. Dan dlm segala bentuk kebengongan sy, ada orang yg dgn enaknya menertawakan, eh trus begitu sy mengerjakan sesuatu dia melakukan hal yg membuat seolah-olah itu hasil pekerjaan dia. Nah, itulah pencuri kelas kakap.

Jd, dlm hal kerja hendaknya begitu juga teman! Klo memang kita merasa bukan kita yg mengerjakan sesuatu, akui terus terang klo itu bukan hasil kerja kita, sebutkan siapa yg sesungguhnya mengerjakan. Jangan nyodorin muka sana sini sok sibuk taunya ada orang di balik layar utk itu semua. Kalau ada yg melakukan hal ini, tanpa disadari dia udah membunuh kreativitas orang lain, apalagi yg bisa dimiliki seseorang klo hasil olah pikirannya pun harus diambil orang lain.

Termasuk jg ketika misalnya bos nanya mampu atau tidak mengerjakan ‘ini’. Klo memang bisa yah udah lanjut, tp klo ga bisa yah jawab ga bisa trus rekomendasikan aja orang yg mungkin bisa mengerjakan, atau klo ga mau merekomendasikan orang cukup diem aja. Ga usahlah ngomong bisa eh trus dengan gampangnya nyuruh orang lain lagi utk mengerjakan. Dan ntar klo pun si orang lain mau ngerjain, yg bawa ke bos pun bukan si orang lain itu. Hiks,,klo memang terjadi hal seperti itu, susahnya menjadi orang yg seperti sy yg sangat menganggap penting hubungan baik dgn orang lain dan ga mau rusak krn urusan curi-mencuri ini.

Sy bukan sekali dua kali lho diginiin.. udah MUAK bgt rasanya.. Jadi, klo misalnya ada yg berpikir it’s ok bagi orang yg dirugikan, anda harus berpikir ulang krn orang tsb sudah sangat anda sakiti.

Yah, mudah-mudahan orang yg sudah memperlakukan sy begini cepat diberi kesadaran sebelum akhirnya emang butuh sesuatu yg keras untuk menyadarkan.. Ide itu mahal Jenderal!! Jadi, klo memang anda ga bisa menghasilkan ide, jangan mencurinya, krn hukumannya berat!!!

4 responses

  1. benerrr banged tuh ka.
    emang kalau dlm pekerjaan suka begitu ka, ada ajah orang yg senengnya menonjol2 diri. tapi kk saabr aja ya, ntr mereka juga sadar sendiri kok, kalau apa yg mereka lakukan sudah merugikan orang lain. semangat teruss ya kaka cantikk🙂. GBu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s