Balada Istri Hamil Saat Suami Jauh

Tadi malem ga kerasa air mata sy menetes saat sedang jalan menuju rumah. Entah kenapa yg td malem itu ga tertahan bgt, akumulasi kali’ yah utk selama ini udah selalu nguat2in diri. Jadi, emang klo sekali emosi kita udah kesentil, suka berkepanjangan jadinya. Sesudah kejadian menyebalkan dgn wartawan itu, setiap ada hal kecil yg menyinggung perasaan bawaannya jadi bete aja. Misalnya saat sy udah cape2 kerja trus ada yg sok heboh ngurusin kerjaan sy itu seolah-olah itu adalah andilnya, saat sy lihat orang mengeluarkan pernyataan egois tanpa mikirin orang lain dan waktu sy ngomentarin dgn kalimat2 “kasihan orang lain itu dibegituin” eh dianya ngomong dia jg sebenernya kasihan trus langsung pasang muka memelas seolah-olah amnesia utk apa yg udah dia katakan sebelumnya, saat sy dilibat2in utk urusan yg sebenernya bukan urusan sy dan itu bener2 demi kepentingan orang lain tanpa mikirin kondisi sy.. Yah utk semua itu, sy yg biasanya cuma tarik nafas dan mengusir semua kekesalan, utk kemarin itu sy merasa marah dan itu sy tunjukin dgn nyata dlm semua bahasa tubuh sy. Udah ga mikirin lg orang bakal tersinggung atw ga. Sy merasa kasihan sama tubuh dan hati sy sendiri, jd sesekali sy biarkan tubuh dan hati sy melepaskan kekesalan biar ga sesek sendiri.

Kemarin itu berakhir dgn pulang malem sesudah sebuah rapat kecil. Kemarin lusa si Uda udah bilang ke sy kalau dia akan melayani tamu, jd kemungkinan ga bisa jemput dan anterin sy ke kantor, tp dia bs nganterin sy pulang kerja. It’s ok for me. Jadilah sy kemarin berangkat dgn angkot. Dan sesudah rapat sampai malem itu, sy telp dia. Taunya dia masih ngurusin tamu. Dgn gundah sy liat sekeliling yg udah sepi, Da Nal (CS yg paling bs sy andalkan utk nganterin sy pulang klo si uda lg ga masuk) jg udah pulang. Ngeliat keluar udah gelap bgt dan gerimis, sementara sy ga bawa payung. Sy mulai jalan kaki dgn bimbang, tp sy pikir sy akan nunggu taxi aja. Lama menunggu, taxi ga ada yg lewat jg. Yah sudahlah, sy memutuskan jalan menyeberang dan pulang naik angkot. Susahnya nyeberang di sini adalah dimana pemilik kendaraan bener2 ga peduli sama pejalan kaki, dimana kita udah mengulurkan tangan krn mau lewat, pemilik kendaraan cenderung mempercepat laju kendaraannya. Dlm ati sy ngomong : “Kenapa sih ga pada kasian liat ibu2 buncit gini yg mau nyeberang dlm keadaan gerimis.”

Di ujung jalan sy berhenti yg artinya sy masih akan berjalan dgn jarak lumayan ke dalam utk nyampe di rumah. Sesudah bersusah payah menyeberang dgn kendala yg sama, entah kenapa sy merasa air tiba2 udah ngalir aja di pipi. Mungkin antara rasa lelah, tumpukan kesal, beban kerja, semuanya nyampur jd satu yg bikin sy jd sangat merindukan suami. Berkali-kali sy menguatkan diri dan memotivasi diri bahwa sy mampu melewati semuanya tanpa selalu ada dia di samping sy, taunya sy nyampe di suatu titik lelah dan merasa cape’ utk semua yg sy hadapi.

Sy inget2 beberapa kejadian belakangan ini :

– si Uda dlm 2 minggu hanya 4x nganterin sy, dan informasi ga masuk itu seringkali terlambat bahkan ga ada sama sekali, sy memaklumi. Tokh salah sy sendiri memilih driver yg jg bekerja. Sampe sekarang pun sy ga menyalahkan dia. Itu tuntutan pekerjaannya utk selalu siap dlm tugas2 yg diberikan kpdnya. Sekali waktu sy harus menunggu si Uda sampe jam 12 malem krn mobil masih di kantor sementara dia sedang dinas ke luar kota dan itu tiba2 aja.

– Sy marah besar sama Rosita krn saat sy pulang kerja tiba2 aja rumah kami penuh dgn rombongan anak dari bayi sampe ABG, pdhl sy udah berkali-kali pesen utk jgn pernah masukin orang ke rumah saat kami ga ada. Dan bahkan saat sy tegur pun dia masih sempet ngelawan. Yg mana akhirnya sy menjadi sangat marah dan diemin dia selama 2 hari.

– Masalah2 dgn Rosita lainnya : celana kerja sy kena pemutih pakaian dan dia ga ngaku sampe sy interogasi, masak ga ngikutin yg sy pesenin, belanja tak sesuai daftar, nasi selalu kebuang krn udah berkali-kali dinasihatin utk masak dikit2 aja tp ga pernah dipatuhi, pemakaian barang2 sesuka dia, dll dll. Utk masalah Rosita ini ga bisa sy jelasin satu per satu krn banyaaaak. Mudah2an segera ketemu solusi utk ini.

– Sy kebangun krn kram betis dan sy harus mengatasinya sendiri, ga ada suami yg bs sy bangunkan utk membantu.

– Sy merasa badan bener2 nyeri, pengen dipijet ringan dan lagi2 harus dinikmati sendiri.

– Beberapa kali saat bete dlm pekerjaan, sy cuma bisa liat Handphone dan mandangin nomor suami, ga bisa langsung curhat dgn telp dan sms krn sy tau dia sedang kuliah dan kuliah ini sy tau bener bebannya.

Mungkin itulah beberapa perkara yg bs sy inget utk ungkapkan di samping tentu aja ada beban2 berat lainnya yg ga bisa sy ceriterakan. Itulah mungkin kenapa dlm sepenggal jalan kaki sy kemarin sy sampe nangis. Menjelang nyampe rumah, sy udah hapus air mata sy dan ngomong sama Miracle :

“Maafin mami yah nak, ternyata ada saatnya mami lemah. Tp mami janji, mami ga akan sering2 begini krn mami yakin keberadaan Miracle akan ngasih mami kekuatan berlipat ganda. Gpp yah sesekali kita jalan kaki, kapan lagi kan Miracle jalan kaki berdua mami malem2 begini. Lagian, anggap aja ini pemanasan utk beberapa minggu ke depan kita harus udah mulai rutin jalan biar posisi Miracle bagus. Makasih utk selalu nemenin mami sayang..”

Seakan mengerti dgn omongan sy, begitu nyampe rumah dan sy duduk setengah berbaring di kursi tamu, Miracle langsung heboh nendang2. Sy jd senyum dan mencoba mengartikan tendangannya dengan :

“Asiiiiik, qt udah nyampe rumah. Sebentar lg mami akan nyanyi2 kecil buat Miracle sebelum tidur. Makasih buat jalan2nya mami..”

Begitulah,,mungkin krn kelelahan td malem sy tidur cepet dan ga kebangun2 sepanjang malem, beda dgn biasanya dimana sy bs kebangun 5x kali dlm semalem. Thx God, sy bisa beristirahat nyenyak. Dan pagi ini, saat sy bangun dan dpt telp dari si Uda yg bilang dia ga bs jemput utk nganterin ke kantor, hati sy ringan aja. Sambil ngelus perut sy bilang :” Yuk nak, kita olahraga pagi lagi”. Dan waktu selesai mandi, buka tudung saji dan lagi2 Rosita salah amsak, sy masuk lagi ke kamar trus ngomong lg sama Miracle : “Sesekali kita sarapan di kantor mami yah.. Biar ga bosen nak..”

Nyampe kantor, sy arahkan mata lurus ke computer dan mulai mengerjakan hal2 yg sy jadwalkan utk kerjakan hari ini. Berhenti krn laper, baru sempat minum susu tadi, pesen mie goreng yg berbau cabe rawit (sesekali gpp lah), dan makan sambil ngutak-atik blog ini.

“Miracle, suatu saat klo Miracle udah gede dan punya nama sendiri, trus baca semua tulisan mami ini, apapun namamu nantinya nak, ingetlah bahwa dari awal kehadiranmu adalah Miracle (Keajaiban) utk keluarga kita. Bahkan saat papi jauh, mami selalu kuat krn ada Miracle di perut mami dan selalu menyemangati mami dgn tendangan2 ajaibmu yg menghadirkan berbagai rasa mulai dari seneng, kagum, terharu, dll. Sehat2 yah nak.. Papi Mami luvyu so much #kiss “

Dan pelangi muncul sesudah hujan (yaela, sok pujangga bgt..) Puji Tuhan suami kasih kejutan manis, malem ini dia akan bergabung dgn kami di Posko Pinky TDL kami.. Can’t wait🙂

8 responses

    • Iya Cucuuut.. Hati ga bisa diboongin, emang berat.. 6 bulan lg Mas Awan stay di Jkt yah? Enaknyaaaaaa… Suamiku masih panjang perjalanannya, wong baru mulai kok.. Sekitar 2 tahun lg Cut klo bs selesai tepat waktu, doain yah..

      Anw, klo mas Awan udah di Jkt bs lancar dunk programnya,,hihihihi…

    • Makasi Sariiiii #peluk
      Iya Nih, Miracle jg ga sabar ketemu tante Sari.. Mudah2an aja ga sipit kaya’ tante Wimby sekalipun perut mami suka dielus2 sama tante Wimby sambil ngomong “sipiiit..sipiiit..” hehehehhe..

      Duluan mana yah, kemunculan Miracle ke dunia atw undangan tante Sari..hmmm :p

  1. Semangat mbak Lia….salam buat Miracle ya dari Tante Yo, Om Aris dan dek Jo….
    USG baby-ku cewek, kita siapin nama Joyce buat dia, tapi kalo ternyata lahirnya cowok, namanya nanti Joshua mbak….sementara ini kita panggil dek Jo buat baby-ku

  2. Makasi Tante Yo, Om Aris dan dek Jo🙂
    Huaaaa,,senengnya udah menjelang ketemu dek Jo yah mbak.. Mdh2an aja dedeknya sehat2 terus.. Dan mudah2an bisa normal, tp walopun demikian biar kehendak Tuhan yg jd.. Klo pun SC berarti itu udah yg terbaik dariNya..
    Smangat jg mbak🙂

  3. Blog yang bagus, bisa membuka mata hati saya, & sukses membuat saya meneteskan air mata karena teringat istri yang juga berbeda kota (yang saat ini Inshaa Allah sedang menghadapi kehamilan pertamanya), di sisi lain juga kagum & terharu atas perjuangan seorang calon ibu.

    Disadari atau tidak, Anda & begitu banyak wanita -istri- lain di luar sana (termasuk istri saya) yang harus berjuang sendirian karena suami di luar kota/negeri adalah sumber inspirasi & semangat saya menjalani setiap hari.

    Semoga sukses & sehat selalu untu Anda, saya, & keluarga kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s