Memberi Dengan Sukacita

Kali ini sy mau ngomomongin tentang Persepuluhan (perpuluhan). Bagi para Kristiani, persepuluhan itu adalah menyisihkan sepersepuluh dari penghasilan dan menyalurkannya untuk pengembangan pelayanan Kekristenan. Kenapa sy ngomongin ini? Karena tiba2 aja sy teringat dengan kejadian beberapa hari yang lalu antara sy dengan si Ajul, di mana saat itu sy menerima teleponnya di ruangan dan agak2 shock ketika dia tiba2 nodong bertanya, beginilah kira2 percakapan kami waktu itu :

***

Ajul : Kak,,kutanya lah dulu kakak yah.. (dengan logat Medan yg sangat kental, and I love it!)

Sy    : Apa An?

Ajul : kekmana nya kak perpuluhan itu sebenarnya? Bingung aku! Gara2 si tiiiiiiit inilah kan, waktu itu katanya klo perpuluhan itu dikasih ke gereja, pas ku kasih ke panti asuhan ga setuju dia. Tp sekarang dimintaknya perpuluhan dariku untuk dana retreat. Cemmananya itu kak?

Sy    : Klo setauku sih yah An, persepuluhan itu adalah kita menyisihkan sepersepuluh dari penghasilan kita dan dana itu kita salurkan untuk pelayanan dalam bentuk apa aja, yg jelas kita yakin dana tersebut akan digunakan sebenar-benarnya dan kita memang merasa terbeban untuk menyerahkannya ke situ.

Ajul : ooooh,,iya lah kak..

Sy    : Kadang2 aku kaget2nya kau bikin, sebentar kau kaya’ kuntilanak, sebentar kau jd malaikat. Tumben2an kau nelp dan nyamber aja nanya tentang ini..

Ajul : Hahahhahaha!!

***

Begitulah waktu itu.. Si Ajul ini emang pribadi yg unik. Bukan baru kali ini dia bertanya tentang yg beginian, pernah jg dlm pembicaran2 kami sebelumnya. Itulah kenapa sore ini, saat pekerjaan sudah selesai dan ruangan sudah kosong, sy pengen aja nulis tentang persepuluhan.

Sy baru dijelaskan tentang konsep persepuluhan ini saat sy terlibat dlm pembinaan rohani di lembaga pelayanan dimana sy bergabung waktu sy masih menyandang predikat mahasiswa. Waktu itu sy sempat mikir saat ditantang utk setia memberi persepuluhan. Sy pikir, waktu itu sy kan amsih mahasiswa dan belum punya pekerjaan yg otomatis sy ga punya penghasilan sendiri. Jd sy hanya mengandalkan kiriman bulanan dari orang tua. Tp saat semakin sy berpikir utk ga mau memberi, sy makin merasa tidak damai sejahtera dan merasa bahwa sy mencoba menyembunyikan berkat-berkat yg diberi Tuhan (teringat kisah Ananias dan Safira).

Akhirnya sy memutuskan utk benar2 menyisihkan sepersepuluh dari bulanan yg sy peroleh. Jadi, misalkan sy dikirim 500 rb, berarti yg 50 rb harus secepatnya diberikan dikembalikan utk Tuhan. Demikian jg saat ada kenaikan bulanan, otomatis persepuluhannya jg naik jumlahnya.
Uang sejumlah itu mungkin bagi beberapa orang tak seberapa yah, tp bagi sy saat itu yah kerasa bgt lah. Dengan uang 50 rb sy bisa beli novel, komik, nonton, makan yg enak2, dll. Kadang2 sempat kepikiran utk sekali2 pura2 lupa aja,,hahahhaha.. Tp lagi2 si rasa tidak damai sejahtera itu datang. Jadi gitu yah, itulah bukti Tuhan sangat menyayangi kita, dimana Dia memberi rasa tidak damai sejahtera bila kita berjalan tidak sesuai dgn kehendakNya. Dengan demikian kita akan menghindari jalan2 yg tidak Dia kehendaki, asaaaaal kita peka aja.

Saat2 seperti itulah sy mulai naik kelas lagi. Sy pikir mau dikasih dgn lempeng aja ataupun dgn bersungut-sungut tetap saja akan diberikan juga. Jadi, apa gunanya memberi dgn bersungut-sungut? Lalu, sy belajar utk memberi dgn sukacita, dan ternyata dampaknya itu snagat besaaaaaar dlm kehidupan sy. Percayalah, hingga saat ini sy merasa Tuhan senantiasa mencukupkan sy bahkan memberikan sy kelimpahan.

Sesudah bekerja, sy tetap memberikan persepuluhan etrsebut. Tantangannya apa? Hmmmm,,ternyata tantangannya berbeda. Kalau dulu mikirnya dengan uang sejumlah itu kan bisa dibelikan hal2 lain yg menyenangkan hati, saat sudah bekerja beda lagi. Kadang2 kita mulai hitung2an dgn apa yg kita berikan.Ilustrasinya gini, saat mahasiswa dgn bulanan 500 rb kita akan kasih persepuluhan 50 rb, kemudian saat bekerja misalkan gaji yg kita peroleh 5 juta, otomatis persepuluhan kita kan 500 rb. Mulailah berpikir, iiiiiiih banyak bgt yah yg mau dikasih.. Padahal dulu 500 rb itu udah menjadi penghasilan sebulan. Emang gitu tuh pekerjaan si iblis, mencoba mengobrak-abrik kesetiaan kita kepada Tuhan. Kalau dulu, pembimbing rohani sy bilang bahwa hanya ada 1 sifat yg bs kita contoh dari si iblis, yaitu dia ga cape2 bekerja, ga pernah menyerah menjalankan misi nya dia. Cuma bedanya, kita kan bawa misi yg berbeda dgn dia. Tp kemudian sy berpikir, kalau bukan krn Tuhan dari mana sy bisa berpenghasilan 5 jt dengan 4,5 juta yg bisa sy nikmati.

Hingga akhirnya, pernah ada kejadian seperti ini :

A  : Lia ga ada yah dipotong zakat 2,5% sebulan? (Di kantor sy memang ada pemotongan otomatis sehingga bisa dikelola oleh lembaga LAZIS)

Sy : Oh iya, sy engga pak

A  : Oh gitu, lumayan lah yah.. 2,5% cukup besar lho..

Z  : Pak, si Lia ini emang ga dipotong di sini, tp mereka ada penyerahan 10% berdasarkan ajaran agamanya

A  : Hah?? 10% besar sekali itu..

Sy : Ahhhhh,,kan cuma 10% pak. Tuhan yg ngasih cuma minta dikembalikan 10%, dan sy bisa menikmati 90%, malu bgt lah sy klo itu dibilang besar.. 1 banding 9 lho pak🙂

A  : ooooohhhh,,iya iya iya… Makanya mungkin kalau orang Lia itu jarang minta2 sumbangan yah..

Sy : *senyum*

Sy bukan mau membandingkan apa pun dari percakapan di atas, krn sy bukan hakim yg tugasnya mau mengadili perkara dunia apalagi surga. Sy hanya mau menyampaikan, betapa sy sangat bersukacita ketika akhirnya sy bisa memberi dengan suka cita. Gila aja lo klo mau itung2an sama Tuhan!

Bahkan ketika akhirnya sy menikah dan tentunya untuk penghasilan keluarga adalah gaji sy + gaji suami, itu berarti persepuluhan keluarga kami pun diperoleh dari sepersepuluh gabungan penghasilan kami itu. Nah lo, makin kerasa kan gedenya? Iyaaaa klo dihitung2 pengeluaran, tp coba dunk hitung pemasukan. Dan sy bersyukuuuuuur sekali punya suami yg sepaham dlm hal ini. Kami tidak pernah merasa berat untuk memberikan apa yg menjadi milik Tuhan tersebut.

Setiap bulan, sy dan suami selalu rapat keuangan keluarga untuk menyusun alokasi Anggaran Rumah Tangga kami, dan biasanya sy masukin amplop2 terpisah, misalnya : belanja bulanan (sabun, deterjen, dll), belanja mingguan (buat makanan di rumah sehari-hari), listrik, ART, Driver, dll yg ga usah sy rinci satu per satu. Jd emang akan banyak amplop2 di dompet sy setiap awal bulan. Tp yg tidak pernah tidak alias selalu, di amplop pertama yg sy masukin adalah persepuluhan kami.

Lalu, apakah sesudah itu hidup kami akan lancar2 saja? Ohhhhh,,jangan salah. Bahkan pernah kami ketawa2 sambil pucet saat cek rekening kami yg bener2 kering sampe muter otak sambil berkeringet dingin dari mana kami harus punya pendapatan lain. Tp puji Tuhan, orang yg setia tidak akan pernah berkekurangan. Adaaaaaaa aja hal2 tidak terduga yg membuat kami semakin merasakan penyertaan Tuhan atas keluarga kami, misalnya : tiba2 sy dapet arisan, tiba2 suami dapet dinas dan uang dinasnya ga kepake semua, tiba2 kami dapat bonus, ahahha.. Jd intinya,

Jangan kamu kuatir, burung di udara Dia plihara

Jangan kamu kuatir, bunga di taman Dia hiasi

Jangan kamu kuatir, apa yg kau makan minum pakai

Jangan kamu kuatir, Bapa di Sorga mem’lihara

Bener lhooo,,beneeeer bgt lagu Sekolah Minggu itu. Tuhan terlalu besar utk semua perkara kita apalagi hanya masalah duit. Dia kaya bgt kok, Dia pasti cukupkan kita🙂

Huaaaa,,udah sore yaaaah.. Pdhl sy belum mau menyudahi ceritera sore ini lho.. Gpp lah, lain kali kita sambung yah.. Terima lahs alam sore dari kami :

Spidulman a.k.a manusia lebay2 kesayangan kami🙂

Mami dan Miracle siap utk Ibadah Minggu🙂

Tuhan memberkati…🙂

One response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s