September,,, Ultah ke-50 Mama :)

Bulan September pun datenglah.. Dan ini sudah tanggal 3,,hehehe.. Baru sempat posting sekarang soalnya.. Sy percaya September pun bulan yg penuh dgn kemuliaan Tuhan, banyak perkara akan terjadi dan itu semua membentuk sy menjadi lebih teguh lagi di dalamNya. Ada apa yah di bulan September? Yg jelas tanggal 2 yg lalu mama sy ultah emas.. Dlm bulan September ini jg suami akan pulang utk pertama kali dlm masa perkuliahannya (masi lamaaaa T_T).. Bulan ini jg akan ada kegiatan rutin sebagaimana bulan2 sebelumnya termasuk nge’date dgn Miracle lg,,uhuuuuiiii can’t wait!

Baiklaaaah,,sy akan mulai ceritera tentang ultah mama..

Mama lahir di Laras tanggal 02 September 1962. Klo ngebayangin mama udah 50 tahun, rasanya masi baruuuu aja ngucapin met ultah buatnya yg ke-40, kok tau2 udah nambah 10 tahun lg aja yah,,hehehe.. Ternyata sy pun udah makin tua yah, udah ga anak mahasiswa yg ngajuin proposal minta beli ini itu sama mama.

Mmmmhhh,,ngomong2 soal proposal dan berhubung ini ultah mama, sy mau cerita kenangan dgn mama tentang proposal. Jadi dari sy kecil, kami udah dibiasakan utk mengatur keuangan sendiri krn katanya biar ga kagok klo ntar harus mengatur keuangan keluarga. Jadi sama sekali ga gampang bagi kami klo pengen beli ini itu krn proposal yg kami ajukan harus disetujui mama dulu. SD (kelas 6) – SMP sy udah pake uang saku mingguan, jd kata mama terserah klo uang sakunya mau langsung diabisin dlm waktu 1 hari aja tp hari-hari berikutnya silahkan gigit jari sampai minggu baru datang lagi. Tp sy mah ga mau langsung ngbisin. Malah krn dibilangin gitu sy jd hemat2 di awal2 dan baru bisa leluasa pake duit klo udah menjelang pergantian minggu. Dan itu kebawa sampe sy mahasiswa bahkan sekarang. Klo orang2 suka hepi2 di awal kiriman/gaji dateng, klo sy malah di akhir2 menjelang dateng kiriman/gaji baru. Sejak SMU sy udah pake uang saku bulanan. Di luar uang saku kan kita suka ada kebutuhan lain, misalnya : bolpen, buku, dll. Nah,,klo yg itu sy dan adik sy harus pake proposal ke mama. Klo udah dapet persetujuan baru ada dropping dana, hahaha. Belakangan mama ngaku sama sy klo ternyata proposal kami itu kadang2 ga dibaca krn ga sempat, tp mama pengen biasain kami utk teratur.

Mama jg ibu yg sangat concern utk pendidikan anak2nya. Concern di sini bukan dlm arti harus sekolah di tempat yg bergengsi dan uang sekolahnya mahal. Sy jd inget waktu lulus SD dulu dan papa mengharuskan biar sy melanjutkan ke SMP swasta yg terkenal bagus di kota sy, trus sy malah menolak krn pengennya sekolah di SMP Negeri biar bs berangkat bareng dgn temen2 tetangga, papa marah besar. Mungkin papa merasa bahwa papa mama sangat sanggup menyekolahkan kami di sekolah yg menurutnya lebih bagus, mama malah anteng bgt mengizinkan sy sekolah di SMP Negeri tersebut. Dan ternyata, itu emang ga mempengaruhi apapun. Klo emang dasarnya kita niat belajar, di mana pun kita sekolah itu ga masalah, asal orang tua jg mendukung. Di SMP ini jg sy mewakili sekolah utk ikut serta menjadi siswa teladan seKodya Pematangsiantar, ikut lomba pidato, dll. Yg jelas, sy merasa bahwa papa mama selalu mendampingi sy dlm pendidikan yg sy jalani. Inget jg waktu sy ikut lomba pidato dulu, papa ikut nonton dan kasih semangat jg kasih saran ke saya trik2 yg lebih baik lagi. Cocoklah yah papa yg ngasih saran, krn papa dulu kan pernah jd penyiar radio dgn nama “MASTO” sesuai namanya “Maringan Sahala Tobing”. Ga jarang jg mama nemenin sy begadang ngerjain PR, dan ini masih terus aja berlangsung sampe sy SMU. Dulu zaman SMU dulu sy punya guru matematika yg sukaaa bgt ngasih PR banyak, dan dgn otak yg ga sejago temen2 lain sy butuh lebih banyak waktu utk ngerjain PR tersebut, ga jarang baru sleesai jam 1 pagi. Mama selalu nungguin bahkan sekali2 bikinin ind*mie, katanya biar badan sy anget dan ga amsuk angin. Ahhhh,,really my lovely mom!!!

Trus jd inget jg masa2 sy ikut intensif bimbingan utk persiapan UMPTN di Medan, klo ceritera adik sy, mama sering kangen sama sy. Waktu sy pulang utk ngurus ijazah, mama katanya bener2 bikin persiapan utk menyambut kepulangan sy. Sy sempat ga ngaku sama mama klo pilihan pertama dan kedua sy di UMPTN sy ambil di UNPAD, krn mama udah bilang biar sy kuliah di Medan aja jd mama bisa sering2 ngunjungin. Pas sy buat pengakuan itu, hahahaha jangan ditanya gimana reaksinya. Tp maam tetep mendukung sy utk bersemangat dan optimis akan lulus, walopun mama sempat ketar ketir krn sy ga mau daftar di universitas swasta. Saat menjelang pengumuman sy bener2 gelisah dan ga bisa tidur. Sy akhirnya tidur pas subuh, dan tanpa sy sadari saat hari masih gelap itu, papa dan mama keluar naik motor berdua utk beli koran yg berisi pengumuman itu. Sy kebangun aps mereka pulang. Sebelum buka koran, amma ajak sy berdoa dan minta sy teteap harus siap utk kemungkinan terburuk dan tetap harus berbesar hati. Tapi alangkah bahagianya kami semua ketika jelas2 nama sy tercantum di koran itu dgn kelulusan di pilihan pertama. Huaaaa,,sy melihat binar2 kebanggaan di wajah papa dan mama saat itu. Mama sendiri yg anterin sy ke Jatinangor dan setia menyiapkan seluruh kebutuhan sy selama OSPEK. Mama baru pulang setelah OSPEK selesai, dan itulah permulaan hidup sy jauh dari mama, tp selalu deket di hati. Adik sy ngasitau saat sy nelp bahwa tiap lihat baju sy, mama selalu nangis, hihihi, mama memang melankolis. Kepulangan pertama sy ke Siantar sesudah kuliah, mama ngasih kejutan dgn ngecat kamar sy dgn warna biru (warna kesukaan sy saat itu). Ini sangat mengejutkan bagi sy krn mama penganut rumah warna putih/krem atau sejenis itu. Oh yah, selingan cerita, beberapa tahun sesudah itu, giliran papa yg ngecat rumah dgn warna pink (warna sy berubah jd pink saat itu –> sebenernya orang2 aja yg suka mengidentikkan sy dgn pink, padahal sy mah sukanya semua warna, ga fanatik sama 1 warna aja).

Mundur lagi ke belakang, sy inget awal2 masuk TK, mama yg anterin sy ke sekolah dan bahagia lihat sy ikutan nyanyi sama temen2 lain, tp nangis guling2 di kelas waktu mama ninggalin sy. Mama selalu bangga klo sy dapet kado2 kecil dari sekolah krn nilai menulis sy bagus dan tulisan sy dipajang di mading sekolah (menulis huruf/angka). Mama jg yg setia nganterin sy ke sekolah krn sy sering ketinggalan bis sekolah (selalu telat bangun). Mama yg sering cubitin perut sy klo lambat mengerti saat diajarin, dan sy sangat bersyukur utk cubitan2 yg bikin sy jd mengasah otak utk berpikir lebih cepat itu. Mama yg sangat suka klo sy udah nyanyi “Sepiring Nasi Sehari Tiga Kali” (lagu pertama yg sy dapat saat TK). Mama jg sangat mendukung kemampuan baca sy dgn rajin membelikan Majalah Bobo (harta berharga bagi sy di masa2 itu)

Mama jg adalah orang yg selalu menjadi tempat curhat sy saat jatuh cinta sekaligus putus, hahahaha.. Sy lah orang yg membangunkan mama jam 3 pagi krn ga bisa tidur krn hati sy patah2 oleh laki2 bodoh yg menyia-nyiakan sy, hohoho.. Sy selalu inget pesen mama : “Jangan mengambil keputusan di saat labil.” Krn emang sih, saat putus cinta itu kita suka ngambil keputusan macem2. Sy ga pernah merasa ga punya tempat curhat, krn mama selalu siap utk itu.

Mama yg suka membangunkan sy tiap pulang ke Siantar dgn nusuk2 badan sy, dan entah kenapa jari mama sangat runcing, jd sakiiiit bgt klo ditusuk2 gitu. Huaaa,,jd kangen bgt saat2 tidur bersama mama, rasanya tenang aja gitu. Pulang ke Siantar itu sangat indah, mama menunggu di teras, menyambut dgn pelukan hangat di gerbang, menyediakan sop anget kesukaan sy lengkap dgn jus buah murni yg sehat. Bahkan sampe urusan sendal jepit di rumah sampe sikat gigi di kamar mandi jg ga perlu diragukan lagi. Semua udah ready!

Sampai sekarang pun, sy lah orang yg paling sering merepotkan mama, bahkan sampe urusan daster hamil aja, mama yg belikan. Klo sy masak2 jg mama adalah resep yg paling bs sy andalkan, tinggal telpon dan keluarlah semua resep2 rahasianya🙂

Ngomong tentang mama, ga akan pernah habis ceritera. Bagi sy mama adalah perempuan yg paling menginspirasi sy. Dan inilah foto2 perempuan terkasih sy itu :

saat mama masih gadis

saat kami anak2nya masih kecil, lihatlah si jutek Lia itu..

dgn senyum muka runcing

kotak2 tempat makanan bawaan yg dibawa dari Siantar (masakan mama semua)

yg beliin kain utk bajunya ini adalah anak laki2nya satu2nya🙂

Mama ceritera, saat ultahnya kemarin orang pertama yg ucapin selamat ultah adalah Inang Pendeta lewat SMS. Kami semua (boru, anak, hela dan calon parumaennya) nelp mama satu per satu. Sebelumnya sy dan suami udah kirimkan kado sederhana yg mudah2an berguna untuk mama. Yg paling menyenangkan adalah saat mama bilang, sesudah ibadah di gereja dan mama sedang latihan koor, tiba2 muncul para pemuda/i gereja yg membawakan cake ultah sambil nyanyi “Happy Birthday to you” trus dilanjutkan mama traktir makan2. Senang sekali krn banyak yg memperhatikan mama sekalipun kami anak2nya jauh darinya. Makanya sy selalu berusaha utk bersikap sopan dan menghargai ibu2 di sekitar sy, krn sy ingin orang lain pun memperlakukan mama dgn baik di lingkungannya. Tuhan sangat baik sama keluarga kami.

Happy birthday mama. Makasih untuk semua yg mama lakukan utk kami. Tuhan sudah memakai mama dengan sangat luar biasa. Bagi kakak, mama adalah perempuan yang paling cantik dalam hidup kakak, cantik paras dan hati. Tuhan memberkati dan menjagai mama dalam tahun2 emas (bukan masa tua) mama.

Sehat2 terus yah ma, jangan malas berenang dan olahraga lainnya, biar mama kuat, kuat gendong Miracle jg. Dan jangan terlalu lelah, hati2 sama punggung mama.

Mudah2an ada waktunya kita berdekatan lagi, kakak selalu mengimani itu. Saat dimana mama bisa sering2 ngunjungin kami dan jarak bukan lagi masalah buat kita (oh yah ma, hela mama baru2 ini bilang bahwa feelingnya sangat kuat suatu saat kami bisa ditempatkan di Medan). Kalau itu terjadi, indah banget yah ma. Kakak udah bisa membayangkan betapa rempongnya mama datang di hari Jumat dgn tentengan makanan utk kami (mungkin daging goreng tepung utk Miracle).

Maaf yah ma, kalau kakak sering merepotkan mama sehingga saat kakak sudah berumur segini dan punya keluarga kecil pun mama serasa masih punya anak perempuan kecil yang suka minta ini itu.

Ma, mama adalah orang yang sangat kakak andalkan di dunia ini. Untaian doa selalu ada setiap hari untuk mama. Selalu tersenyum yah ma, dan inget kata dede’ : “angkat kepala mama dan jangan terlalu sering menunduk, krn mama punya banyak hal yg bisa mama banggakan”.

Kami selalu sayang sama mama🙂

Sebagai selingan cerita, sy sampaikan bahwa Jumat kemarin sy dapet arisan Persatuan Ibu PLN. Ini adalah arisan dgn putaran pertama utk periode ini, hihihi… Tumben banget yah dapet duluan. Dan inilah foto para genk yg memperoleh arisan itu :

Sebenernya ada orang2 palsu dlm foto ini #SenggolAna

Sy juga mengisi weekend dgn masak, biar ga terlalu merasa sepi dgn ga adanya suami. Walopun masak yg biasa2 aja, gpp lah yah di upload di sini :

makan berdua sama Rosita

Ini juga foto papi Miracle yg sy terima pagi ini dan dia akui sebagai anak kuliahan masa kini :p

selalu cakep, selalu seger, selalu jd kebanggan kami🙂

Dan terakhir, inilah foto Miracle yg eksis sama maminya :

Yah Miracle, yah maminya, makin gede semua😀

Begitulah ceritera kami di awal September ini.. Mudah2an September pun jd bulan yg indah buat kita semua yah🙂

Mari kita pulaaaang…

4 responses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s