Cuti & Rokok

Hari ini saya akan ngomomongin 2 topik, simak cerita sy yah : #maksa

CUTI

Sy memilih ini jadi topik pertama sy. Cuti adalah salah satu hak yang didapatkan pekerja, termasuk di perusahaan dimana sy dan suami bekerja. Mengingat cuti adalah hak karyawan, jadi yah harusnya jangan ada ribut2 atau susa2 stadium seratus dunk klo pegawai mengajukan cuti. Asaaaal, dengan integritas yg baik pegawai jg bs melihat kondisi yg pas utk mengajukan cuti tersebut. Nah maslaahnya, cara pandang akan kondisi yg baik ini suka ditafsirkan beda2 sama tiap orang. Ada kalanya bos jd berpikir semua kondisi ga ada yg cocok, atau bawahan emang ga mau tau akan hal2 yg sedang tidak bs dia tinggalkan.

Sy pikir baiknya ada mutual understandiang antara atasan dengan bawahan tentang hal ini. Entah kenapa somehow klo mau mengajukan cuti itu suka deg2an ga karuan krn banyaknya kasus yg cutinya ga dikabulkan atau dicoret harinya. Dan kadang2 alasan ga bisa cuti nya itu pun krn alasan akan sibuk ini dan itu. Padahal sebelumnya kita udah beres2in pekerjaan kita dan bahkan hal2 yg kira2 bakal diminta beberapa hari ke depan. Sy nih suka ga terima sama bos yg suka cari2 alesan begitu. Apalagi klo dianya nanya, emang ada sesuatu yg mendesak? Helloooooo,,ini CUTI! Bukan izin utk alasan penting. Cuti itu ga harus krn ada alasan mendesak sekalipun emang ga jarang ngalamin kebutuhan utk ngumpul dgn keluarga dan berbagi kasih itu jd kebutuhan yg mendesak utk mendapat suntikan semangat.

Ga penting jg bagi sy klo seseorang membanding-bandingkan diri yg ga pernah ngambil cuti dgn kita yg berusaha memanfaatkan cuti. Klo anda merasa ga perlu utk bercuti yah monggo. Klo sy merasa butuh, yah itulah gunanya dirumuskan suatu Perjanjian Kerja Bersama tentang cuti. Apalagi klo buntut2nya orang tersebut ngomong gini : “Ahhhh,,ngapain lah sy cuti, tokh ga ngapa2in jg di rumah.” Nah itu dia, trus apa anda harus menyamakan semua kondisi yg anda alami dgn kondisi yg dialami orang lain? Apalagi nih yah klo orang yg ngomong gitu di kantor kerjaannya cuma hal2 yg tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit. Terjemahkan sendiri aja deh yah.

Jadi poko’nya menurut sy cuti itu penting. Klo kondisi fisik dipaksa kerja terus menerus jg kan ga baik. Sesekali perlu dunk istirahat. Sy sendiri jg cuti tahunannya selalu nyisa harinya. Kok bisa gitu? yah krn ga selalu diizinkanšŸ˜¦ Demikian jg halnya dgn suami. Pdhl udah keliatan bgt lelahnya. Walopun demikian kami ga jd bermalas2an kok, tp yah idealnya itu kan dikasih yg menjadi haknya yah kannnn… Semua akan indah bila berjalan harmonis satu sama lain..

ROKOK

Suami sy (atas masukan mama sebagai pembaca setia blog sy, ga usah lagi nyebutin suami sy atau suami sy krn kan udah jelas pemilik blog nya siapa, jd ga perlu diikuti sy lg. Saran diterima, hehehe…) berangkat ke Jakarta kemarin. Paginya berangkat bareng dari rumah, drop sy di kantor trus mobil as usual dititip di bandara. Jd kemarin sy pulang dianterin Da Nal trus td pagi berangkat ke kantor naek angkot.

Di angkot tadi itulah sy ketemu masalah. Ada salah seorang penumpang bapak2 dgn asiknya merokok di dalem. Aduuuuuuh, sesek bgt! Yg begini ini sebenernya ga usah diatur atau ada undang2nya pun bs ditelaah dgn pikiran sendiri bahwa dgn ruangan sekecil apalagi penuh penumpang seperti itu, yg namanya asap rokok pasti mengganggu yg lain. Jadi bisa dibilang klo ada yg tetep bisa merokok dgn enaknya tuh orang udah bs dipastikan egois dan ga mikirin orang laen.

Akhirnya sy bilang : “Pak, maaf asap rokoknya mengganggu. Bisa tolong dimatikan pak?”. Trus dia dgn sangat galak ngeliatin sy dan bilang : “Kalau mau enak jgn naik angkot!”. Ampuuuuuuun! Krn kesel bgt sy akhirnya bales : “Justeru bapak yg klo mau enak merokok jangan naik angkot. Ga’ kasian apa liat ada bayi dan perempuan hamil? Ini ga sekedar tentang aturan naik angkot. Ini tentang nurani!”

Bagaimana dgn penumpang lain? Ada yg cuma diam ngeliatin, ada yg bisisk2, ada jg yg ngedumel liat si Bapak. Dia turun duluan. Abis si bapak turun, penumpang lain baru kedengeran suaranya belain sy. Sy ga tanggepin tuh orang2 yg cuma berani di belakang dan sy turun ga lama kemudian.

***

Begitulah 2 topik sebagai wujud keeksisan sy di hari Jumat ini.. Ga berpanjang-panjang kata, selamat menikmati weekend yah..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s