5 Years dan Rempah2 Lainnya

Saya muncul lagi #dicuekin😀

Jangan ngambek gitu dunk ah (siapaaaa yg ngambek, yg baca jg siapa??? Merasa ditunggu banget sih..)

Jadi, sejak tulisan terakhir sy, akhirnya sy tepar dan hanya bisa mendekam di rumah selama 4 hari. Si dokter nyuruh bed rest krn memang sy sangat kelelahan. Sedih sekali saat itu harus menelan obat dan antibiotik. padahal pengennya ga perlu, tp daripada dampaknya lebih buruk lagi yah sudahlah diminum saja sembari berdoa that everything gonna be ok🙂

Selama sy sakit, suami sy menjadi suami yg super siaga. Berangkat kantor trus sekitar jam 9 pagi udah muncul lagi nganterin sarapan, balik lagi ke kantor trus jam 1 siang muncul utk nganterin makan siang, balik lagi ke kantor trus muncul lagi entah jam berapa (hehhehehe, pekerjaannya menuntutnya seperti itu). Selera makan sy menurun (harusnya sih baik, jd kan itung2 diet, but BIG NO utk sekarang ini). Hari Kamis sy lalui dgn kepala pusing, badan demam, idung mampet, dan DVD Korea. Hahahahha, yg terakhir seems nice. Yah lumayanlah, waktu jd ga kerasa berjalan, abisnya klo di rumah sendiri kan bosen bgt sebenernya. Hari Jumat sy ga mau nonton Korea lagi krn takut jd ga tidur, padahal kan klo flu itu ga perlu obat tp ISTIRAHAT. Yg akhirnya ternyata sy ga bs tidur jg. Hari sabtu suami sy ga ada kerjaan lapangan, yeaaaaaayyyy!!! Dan hari Minggu pun suami sy berpikir lebih baik kami beristirahat di rumah sy istirahat di rumah sembari dia ngurusin kerjaannya yg setumpuk ajaib itu. Jadilah sy nonton sendiri, dan saat sy nanyain dia komentarnya cuma :”Hm..Iya, hm..” dan sejenis itu😀

Oh yah, saat sy sakit kemarin di hari sabtu tanggal 23 Juni 2012 yang lalu, genaplah 5 tahun kepergian papa sy. Hari itu ga ada yg ziarah, krn mama sy lagi ke Medan menjenguk suami Tante Fide (kata mama harusnya manggil namboru, tp krn udah kebiasaan yah yg mana yg enak aja lah..). Tp ada yg  bikin sy terharu. Sebenernya Jumat pagi sy udah nelp mama. Awalnya mau ingetin mama kalau besok adalah 5 tahun kepergian papa, tp sy malah lupa ngomongin itu krn klo udah nelp mama pembicaraan itu suka kemana-mana. Sorenya sy keinget lagi trus nelp lagi, saat sy telp mama sy lg di makam papa. Trus sy bilang bahwa sy jg memang mau ingetin itu. Sy tanya mama lagi apa. Katanya : “Bersihin rumah papa ini, tauk nih papa kok dibiarin aja rumput tumbuh subur di depan rumahnya ini, biasanya jg rajin ngurusin tanaman.” Saya senyum mendengar jawabannya. Trus sy tanya kenapa ga nyuruh orang aja? Jawabannya : “Yah engga’lah, klo kali ini harus mama yg bersihin. Cuma ini yg mama bisa kasih sekarang sama papa.” Sy langsung telan ludah denger jawabannya. Antara bangga, terharu, bahagia, semuanya campur jadi satu. Mama memang perempuan terhebat, sangat hebat, sedemikian hebat hingga sy selalu ingin sepertinya termasuk dalam perkara mencintai🙂

Sy jd inget 5 tahun yg lalu :

Waktu itu sy sedang mengikuti Pembidangan (bagian dari Diklat) saat menjadi OJT (calon pegawai) di perusahaan sy sekarang. kami diharuskan tinggal di asrama selama 2 months something. Saat itu ngapa2in terbatas, ga bisa bebas nelp2 seperti waktu sy mahasiswa atau lg nganggur. Ada jam2 belajar yg padat. Pagi pun banyak aktivitas. Padahal biasanya pagi lah waktu terbaik sy nelp mama dan papa. Sy inget tanggal 26 Mei papa sms sy bilang : “Selamat ulang tahun yah nang, mudah2an sukses dan bisa bikin papa dan mama bangga”. Sy pun protes, sy bilang : “Pa, ultah kakak kan besok.” Kata papa : “Papa tau kok, tp papa mau ngucapin sekarang aja”. Sesudahnya setiap nelp papa selalu sekilas aja, sy selalu ngomong panjang lebar sama mama aja krn sy pikir mama kan ntar bs cerita sama papa. Malah kadang sy cuma nitip salam aja sama papa. Taukah kalian betapa sy sangat menyesal utk itu semua. Harusnya sy ngobrol lebih banyak lagi, becanda lebih banyak lagi, bilang sayang lebih sering lagi.

Tanggal 23 Juni sy sedang pesiar (krn hari sabtu belajar hanya setengah hari) dengan temen SMP sy yg ketemu di Jkt. Dlm perjalanan pulang sy dpt kabar dari tulang (adik mama) sy tentang itu. Jangan suruh sy menggambarkan gimana rasanya. Sy ga akan pernah mampu. Yg jelas sesudah menangis puas malem itu di kamar asrama, saat dijemput keluarga sy, sy ga lagi nangis. Dan pesawat utk hari itu pun udah ga ada lagi. jadi bayangkan betapa lamanya menunggu besok paginya.

Sy sama adik sy saling menggenggam tangan saat itu. Tp saat masuk ke ujung gang rumah, sy ga kuat lagi saat melihat ada bendera tanda duka. Sampai depan rumah, loncat keluar mobil dan mendapatinya udah terbaring aja gitu di situ. Semua protes, kemarahan, sakit, ga terima, kekecewaan sy simpen dlm hati aja dan minta Tuhan yg menyelesaikan utk sy. Selanjutnya sy lebih fokus melihat mama dan kesakitannya.

Beberapa bulan sesudah itu mama ga tinggal di rumah, mama tidur di rumah opung yg cuma berjarak beberapa meter dari rumah kami. Paling pagi dan sepulang kerja aja mama singgah di rumah. Di awal kepulangan sy sesudah itu pun sy masih sempat tinggal di rumah opung dan selalu gede aja gitu rasanya kepala ini tiap nginjek rumah.

Tp bukan Tuhan namanya klo ga bisa mengubah ratapan menjadi tarian, bukan Tuhan namanya klo ga bisa menghapus air mata dan memampukan kita mengangkat kepala, bukan Tuhan namanya klo ga bisa kembali menghadirkan suka cita dalam keluarga kami.

Sekarang ini, klo aku pulang ke Siantar dan berkunjung ke makam papa sambil bawa bunga paduan putih dan kuning (entah kenapa suka aja paduan warna ini utk dibawa ke makam papa), sy udah bisa bilang :

– Hai Papa, kakak datang. Kakak lagi libur kerja lho pa, dan udah punya gaji sendiri walopun masih dikit krn baru OJT.

– Hai papa, kakak datang lagi. Sekarang kakak udah jd pegawai penuh pa, enak juga udah bs biayai diri sendiri.

– Hai papa, kakak datang, opung lagi sakit, mama udah mulai kembali gemuk lho pa.

– Hai papa, doain yah biar pernikahan kakak besok lancar. Sayang papa ga bisa datang, tp yg jelas kakak senang pa. Ini calon hela papa datang jg ke sini.

– Hai papa, kami datang. Ini kakak, mama, sama hela papa. Selamat paskah pa..

Dan inilah kunjungan bersama terakhir kami saat paskah 2011 yg lalu ke makam papa (minus si ito yg selalu sibuk bekerja, hehehe..)

Paskah 2011, kepulangan sesudah menikah utk pertama kali

Dan ini sedikit kenangan kecil bersama papa :

Ultah ke-15 si boru papa😀

Jadi, sedikit tulisan ini untuk papa :

Hai pa.. Maaf yah lama ga berkunjung ke makam papa. Mudah2an kunjungan berikutnya kami udah lebih rame pa. Kakak udah maafin papa ga memberangkatkan kakak dengan lagu “Borhat ma da inang” di hari pernikahan kakak. Papa pasti nyesal ga lihat kakak dan mama cantik banget saat itu. Dede’ dan hela papa jg ganteng lho.

Rindu jg jajan sore berdua yah pa, minum bandrek di pongker, beli pangsit, bakpao, jagung bakar. Rindu jg sama telor masakan papa saat mama dinas malam sampe pagi dulu dan papa harus masak buat sarapan kakak dan dede’. Telur yg dipecahin terus direbus pake bawang itu ga enak banget pa, tp gimana lagi, ga ada pilihan lain, hahahaha!

Rindu jg klo habis papa nganterin mama dinas sore, papa beli opak yg lebar-lebar itu. Entah kenapa selalu itu. Oh yah, jadi inget dulu waktu kita nabrak anjing kecil piaraan kita dulu waktu baru pulang naik vespa. Anjing itu sekarat semalaman, kakak sama dede’ ga berhenti2 nangis. Trus papa yg rawat anjingnya, tp ternyata besoknya dia meninggal. Trus papa ngajak kami nguburin dia, dipakein baju trus kita kubur sama2 di belakang rumah.

Dulu papa selalu membujuk kakak yg lagi merajuk dengan majalah atau buku, papa sangat tau klo kakak suka membaca apa aja. Klo udah dikasih bacaan langsung stop merajuknya.

Papa yg dulu waktu kami kecil2, pasang microphone di mobil. Trus sore2 manggil kami yg lagi main dimana-mana dengan microphone itu gini : ” Kakak, dede’, pulang! Cuci kaki masuk rumah!”. Yah ampuuuuun, orang sekampung tau pa.

Itu cuma sebagian kecil dari kenangan kita yah pa. Yg papa harus tau, kami bertiga baik2 aja sekarang. Apalagi kami jg udah makin rame, adsa hela papa, nanti2 jg ada cucu2 papa. Si dede’ belom jg dapet pacar yg jelas. Yah gimana mau jelas, kerjaaaa terus ke negeri antah barantah. Doain yah pa, biar papa dapat parumaen yg baik jg nanti.

Ok pa, just make u know that we’re ok🙂

Begitulah yah. Oh yah, pagi ini dapet telp dari mama, memberitahu klo amangboru Viona (suami tante Fide) yg Sabtu lalu dijenguk mama dan genk kriting nya udah dipanggil Tuhan. Selamat jalan amangboru, makasih yah udah mau repot2 membantu mama saat pernikahan kami Desember 2010 yg lalu. Dan mudah2an kuat buat tante Fide.

Naaaaah,,,sekarang lg mikir harus diapain yah suami dudul sy di hari ultah nya besok,,hmmmm…

C u in other stories🙂

 

 

3 responses

  1. ‘wah…mewek bacanya ka’, kita udah sama” ditinggal ama Pria pertama yang disayangin di dunia ini, tapi pasti mereka udah senang diatas sana, di Surga bareng BAPA kita yang kekal, dan percaya kita baik2 saja dsini, karena ada pria lain yang kita sayangi dan menjadi penjaga kita, SUAMI :’)
    Anw, mana cerita ultah si abang? ada yang kurang nich postingannya, hehehhehe…

  2. Amiiiiiin,,suami terbaik utk perempuan terbaik yah dek..
    Lahhhh,,panjang umur Moriiiiis.. baru aja posting cerita ultahnya..
    Dirimu jg rajin2 nulis yah dek, biar aku ada bacaan,,hihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s