Sepenggal Curhat Tentang HP/Smartphone

Tadi pagi sy ngobrol dengan temen sy yg baru beli smartphone baru.. Uhuuuiii,,selamat yah bu bwt gadget barunya.. Jadi, sore ini sesudah jam kantor sambil nunggu jemputan suami, enaknya sy mau ngomongin alat komunikasi yg satu ini..

Saya pertama kali punya Hp itu adalah Nokia seri 3210. Waktu itu HP masih merupakan barang mahal. mau isi pulsa aja ga ada yg kurang dari 100 rb. Udah gitu sinyalnya susah pula. Apalagi untuk tinggal di Jatinangor saat itu, hmm harus naik gunung dulu baru nemu sinyal. Sesudah itu ternyata si 3210 itu rusak trus diganti sama 3310.  Cukup lama sih bertahan pake 3310 ini. Sesudah itu apa yaaaaah? Halahhh,,lupa pula! Poko’nya inget pernah pake samsung jg, terus philips jg, terus back to nokia seri sekian, sekian, sekian.. Entahalah udah berapa kali ganti.

Kalau yg sekarang ini malah lepas dari si nokia, akhirnya malah jatuh cinta abis sama iPhone sehingga beli kembaran sama suami dan krn tuntutan profesi harus pula nambah pake blackberry. Walopun utk itu sy mempensiunkan E71. Tp si E71 itu baru-baru ini dipake lagi sama suami sy krn dia dpt limpahan nomor dinas yg harus dia aktifkan. Krn ga rela melepas nomor di kedua smartrphone nya, dia pake lg itu HP yg udah hampir aja jd bangkai. Tp HP itu banyak kenangannya lho. Banyak sms2 kenangan kami di dalemnya,,hihihi.. Jadi sekarang2 ini sejak dia dipake lg sama suami sy, sy suka otak atik liat sms2 lama menjelang sy tidur🙂

Kalau dipikir-pikir sedemikian pentingnya HP/smartphone atau sejenisnya ini yah hingga sedemikian hilangnya rasanya nyawa kalau ketinggalan salah satu atau malah kesemuanya dari mereka. Sy pernah meninggalkannya krn buru2 ke kantor, akhirnya ga nyampe setengah hari sy minta tolong CS di kantor untuk nganterin sy ke rumah dan menjemput sahabat2 sy itu. Apalagi waktu itu sy masih tinggal berjauhan dgn suami dan hanya ketemu sekali seminggu, jd yg berjasa menghubungkan kami yah mereka2 itu.

Tp mama sy sempat protes dgn keberadaan HP ini. Katanya begini :

Kalau mama pikir2 HP ini ga sekedar menjadi alat yg baik utk membantu mendekatkan jarak yah, tp dia bisa jg merusak komunikasi. Masa’ kadang2 kita lg asik ngobrol sama seseorang, trus HP nya bunyi, dia pasti sesegera mungkin terima panggilan masuk itu. Padahal yg mereka bicarakan cuma hal-hal ga penting dan cuma haha hihi doank. Sementara qt yg lg ngobrol serius jd diacuhkan.

Sy setujuuuuu sekali dgn pendapat mama sy itu. Menurut sy semua yg diciptakan di dunia ini harus dicermati dgn baik segala kegunaanya dan tempatkan sebagaimana seharusnya. Hanya saja yg kebanyakan terjadi adalah kita (baca : manusia) yg menciptakan produk itu malah akhirnya diperbudak oleh si produk. Kadang-kadang saat lg berkumpul dgn suatu komunitas, sy perhatikan anggota dari komunitas itu kebanyakan asiiiiik aja dgn smarthone di tangannya, ga peduli dgn sekelilingnya.

Suatu waktu sy jg pernah lihat sepasang suami istri dgn anak mereka yg berusia sekitar 3 tahun duduk di sebuah resto. Si bapak dan si ibu yg tergolong masih muda itu sibuk dgn smartphone masing-masing, sesekali kelihatan kening mereka berkerut trus di lain waktu mereka senyum-senyum sendiri. Jarinya ga berhenti bergerak menekan-nekan keypad atau monitor. Tiba-tiba terdengar suara gaduh, ternyata anaknya menjatuhkan saos dan tumpah. And theeeeeeen,,anaknya dicubitin dunk!!! Aduuuuh, stres bgt yah tuh anak punya ortu model gitu. Ada anak selucu itu malah dicuekin hanya utk chat yg ga belum tentu penting dgn orang lain, krn ga merasa dpt perhatian si anak cari kesibukan sendiri yg berbuntut omelan dan cubitan itu.

Kadang-kadang sy jg begitu.. Lagi seru2nya ngobrol dgn temen sy trus tiba2 harus ‘reklame’ dulu dgn telepon2 yg harus dia terima padahal entahlah sepenting itu sehingga semua emosi bercerita yg sy miliki harus tertahan di dada dan males utk dikumpulin lagi saat ‘reklame’ usai.

Sy beruntung sekali suami sy ga begitu. Saat dia harus memotong cerita krn harus menerima telepon, itu memang telepon yg penting, sejenis : dari keluarga, ada gangguan, dari bos, dan sejenis itu. Saat kami di tempayt makan, paling 5 menit pertama doang pegang smarthone trus abis itu kami asik dlm obrolan2 kami. Saat di rumah berdua? Kadang-kadang lupa mereka diletakin dimana yah.. Hahahha.. Kami lebih suka membahas iklan baru bersama, mis : knapa harus pake kalimat itu? knapa modelnya harus pake baju warna itu? dan seribu satu knapa lainnya sampe akhirnya jawaban yg kami lontarkan makin ngaco dan ga nyambung. Trus berikut2nya waktu iklan itu muncul lg, kami saling mengingatkan analisa2 konyol kami itu. So simple, rite?

Sebenernya keberadaan HP/smartphone ini memang sangat membantu. kebayang dunk sy bisa nelp mama sy berkali-kali atau setidaknya sms’an atau malah cek status FB beliau (yg tidak pernah di update, hihihi…). Sy jg bisa ngobrol dgn orang2 terkasih sy : mertua, adik, ipar, sahabat, dll. Bisa jg ngirim email materi untuk media cetak saat lagi di jalan ke luar kota. Dan sy bisa merekam tiap kejadian yg layak dikenang baik lewat foto maupun video. Hanya saja, gunakan sebagaimana untuk apa dia seharusnya. Ga usah over dosis deh.

So, perkenankan sy seorang staf humas PLN ini untuk kali ini ga menyampaikan agar pelanggan bijak memakai listrik, melainkan : BIJAKLAH DENGAN TEKNOLOGI.. Eh,,sebenarnya nyambung lho, soalnya klo keseringan make smarthone batrenya jd cepet abis trus bolak balik dicharge, jd boros listrik deh😀

Jangan dicontoh yah, lagi nge’charge malah dipake bwt nelp.. Gini nih tampangnya nelp mertuanya pulang kerja🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s