1st Posting ’bout Cooking

Kali ini sy akan berceritera tentang “MEMASAK”

Sy dilahirkan dan dibesarkan oleh seorang perempuan yang kemampuan memasaknya menurut sy sangat luar biasa. You know dunk yah klo yg namanya masakan ibu itu selalu lebih nikmat dari masakan chef2 hebat kenamaan. Kenapa sy bilang begitu? Krn dari kecil sampe gede sy ga pernah bosen sama masakan mama sekalipun kata beliau yg dimasak itu2 aja (padahal sih ga itu2 aja juga), malah sesudah kuliah dan tinggal berjauhan sy kerap kangen sama masakan mama.

Sy sendiri hingga lulus SMU selalu memposisikan diri sy sebagai orang yg tidak bisa memasak dan ga tertarik dgn yg namanya masak memasak. Sy baru bisa megang korek api di akhir masa SD sy (takuuut bgt sama api), ga bisa masukin sesuatu ke penggorengan krn takut kecipratan minyak, ga bisa menggiling cabe, dan seribu satu ga bisa lainnya. Pada saat itu sy jg emang ga suka sama masakan berbumbu seperti gulai, rendang dan yg padat bumbu lainnya. Jadi sukanya cuma sama goreng2an dan tumis2an aja. Ga terlalu suka juga makan sayur kecuali daun singkong ubi tumbuk dan terong goreng cabe merah.

Sampai kemudiaaaaaaan, masuklah sy ke dunia per’kos’an saat kuliah di Jatinangor. Oh yah, sy belum pernah ceritera tentang masa2 perkuliahan sy yah? Gayaaaa!!!Jelas2 baru punya postingan ga lebih dari jari tangan di tas (baca : blog) ini.. Nantilah kapan2 sy ceritera lebiiiiih banyak tentang diri sy, masa lalu, harapan, dll.. Lahhh,,kok jd belok2 gini yah tulisannya..

Back to the topic,,masa2 awal nge’kos itu sy mulai merasakan kehidupan baru dlm dunia per’makan’an.. Biasanya klo mau makan tinggal ke dapur, buka lemari makan, lihat apapun yg ada di situ trus ambil piring, selanjutnya langsung mengunyah deh. Kadang2 mama bikinin teri kacang di stoples dgn cabe merah terpisah, jd klo mau makan tinggal tuangin tuh teri kacang sejumlah yg diinginkan trus campur dgn cabe merah yg udah digoreng, jadi deh teri kacang cabe merah. Kadang2 jg udah ada pergedel belum mateng dijejerin di baki trus dimasukin kulkas. Nah klo mau tambahan lauk tinggal celupin pergedel satu atau dua ke dalam adukan telur trus goreng. Jadilah pergedel kentang panas2 yg yummie! Atau klo mau yg lain, udah ada ayam ungkep bumbu kuning di kulkas, tinggal digoreng sebentar trus jadilah ayam goreng nan haraum mewangi semerbak menggugah selera😀 Mama itu memang sangat hebat. Sekalipun dia perempuan yg bekerja, kebutuhan keluarga tetap aman sentosa dlm tangannya. Jadi kami emang ga terlalu banyak beli2 makanan di luar. Suka takjub bingung aja sih liat ibu2 yg Senin sampe Senin lagi selalu beli lauk di luar untuk keluarganya alias ga pernah masak apalagi dgn kesibukan yg ga gitu2 amat lah yah. Tp yah klo emang ga bisa sama sekali, jangan paksakan dirimu bu, krn sy percaya tiap perempuan itu punya kemampuan ke’perempuan’an berbeda-beda🙂

Nah,,saat ngekos semua jenis makanan baik sarapan, makan siang, maupun makan malem sy beli di luar. Dan rasanya? MEMBOSANKAN! Saat2 itulah sy merasa kangen dgn semua jenis masakan mama baik yg sy suka maupun dulu ga masuk dlm list makanan yg akan sy ambil dan taruh di piring sy utk sy makan. Makan daging di warung kok malah jd pengen rendangnya mama. What??Rendang?? Nah yah itu, tadinya masakan yg ga dilirik pun malah jd dikangenin, apalagi yg emang bener2 suka.

Berawal dari situlah, sy beli kompor minyak kecil untuk sy pake di kos. Sebelumnya sy hanya punya kompor listrik kecil buat masak mie instan. Mulailah sy coba2 masakan yg ringan2. Hasilnya enak dunk yah? Ga juga! hahahha, udahlah dapur jd kotor krn cipratan minyak dimana-mana, hasilnya jg kacau balau. Klo menggoreng hasilnya hanya 2 kriteria, kalau ga kurang mateng yah gosong =))

Tp sy ga kunjung menyerah, hingga akhirnya sy menghasilkan masakan yg kian membaik dan yah itu2 aja. Maklumlah yah anak kos, kalau pun mau coba2 masak yg agak2 gimana, kan yg makan cuma diri sendiri. Sayang klo udah cape masak taunya nyisa banyak. Saat itu ga pede bwt ngundang temen2 utk menikmati masakan sy =D

Tp hal ini udah cukup membanggakan mama sy lho, klo sy libur kuliah dan pulang ke rumah trus masak2 di rumah, mama selalu ngasih dukungan dgn muji2 hasil masakan sy padahal yg dibikin cuma sayur sop :p

Oh yah, ada seorang sepupu terdekat sy yaitu Eca yg sangat suka dgn tempe pedes manis bikinan sy. Padahal biasa aja lhooo. Eeeeh taunya mama sy jg suka dan belakangan suami sy suka jg,,hahahaha.. Padahal tampilannya sih item2 ga menyelerakan gitu.. Oh yah, sy pernah bikin jg di kontrakan zama2 sy ngontrak bareng beberapa temen kantor sy, eh mereka suka juga. Sy sampe takjub dgn kekuatan rasa tempe pedes manis karya sy ini =D

And now sesudah menikah,,sy semakin mencintai dunia memasak. Walaupun krn keterbatasan waktu sy ga bisa memasak setiap hari, tp sy usahakan untuk selalu membuat sarapan sendiri dan kadang2 makan malem klo sy bisa nyampe rumah di bawah jam 7 malem. Yg paling rutin sih hari Sabtu dan Minggu kecuali sy lg ga enak badan. Ini contoh masakan sederhana yg sy bikin weekend yang lalu :

Udang+telur puyuh cabe merah, lumpia goreng, sawi putih

Suami sy kurang suka sawi ijo krn ada traumanya terkait sawi ijo yg di mie ayam keliling, sukanya malah sawi putih bening gitu. Lumpianya cuma diisi kol+wortel+toge+udang yang dicampur pake telur yg udah diaduk. kalau udang + telur puyuh nya digoreng dulu (telur puyuh direbus, dikupasin, baru  digoreng… mesti banget yah diurutin detailnya? Hahaha!). Kalau yg di tupperware ijo itu bawang goreng, pelengkap kesukaan suami sy dan yg di tupperware pink itu isinya teri kacang sambel goreng utk pelengkap makanan jg. See? Sederhana banget kan. Tapi suami sy rela meninggalkan tempat kerjanya jauh2 untuk bisa menikmati makan siang hasil karya istrinya ini di hari Sabtu. FYI, suami sy emang biasa kerja untuk pemeliharaan jaringan listrik klo hari Sabtu, dan ini merupakan kerja lapangan. Bahkan Sabtu kemarin waktu dia bilang diledekin krn lebih milih pulang ke rumah daripada makanan yg udah disediakan, dia jawabnya gini : “Wah pak, masa’ senin-jumat udah makan siang ga bareng istri, hari sabtu pun ga makan bareng? Ga lah pak”. Heheheh,,good sayang!

Oh yah, sebagai ajang pamer, walopun ga hebat2 banget,ini masakan hasil karya sy, seorang yg dulunya takut pegang korek api dan ga bisa giling cabe serta takut kecipratan minyak ini :

Ikan acar kuning, bilih goreng pedes, daging kecap

Masakan ini sy sajikan waktu dikunjungi hahadoli (abang ipar) sy yg tinggal di Jakarta. Hahadoli sy ini kerja di BPK dan saat itu dia lagi ada pekerjaan audit di Padang. Saat itu juga bertepatan dgn ulangtahunnya, makanya sy niat masak utk hidangan makan malem kami sekalipun sy baru nyampe malem sebelumnya dari Palembang sesudah dinas yg melelahkan. Selain masakan yg terhidang itu, ada juga sop daging yg belum diletakin meja, masih di kompor biar bisa dihangatkan dulu sebelum dihidangkan. Ehmmm,,hahadoli sy sempat rada ga percaya lho kalau sy yg bikin masakan ini sendiri, padahal asliiii tanpa bantuan tangan2 lain🙂

Itulah diaaaa posting pertama tentang memasak, mudah2an lain kali sy bisa cerita2 lagi tentang masak memasak ini krn tanpa sy sadari ternyata ini sudah jd hobby sehingga sy selalu bersemangat tiap nelp mama dan ngobrol tentang masakan2 sy. Yg paling indah setelah menghidangkan masakan adalah kalau suami sy kasih komentar gini : “mmmmmhhhh,,enak banget sayang!! Istriku ini emang paling hebat kalau masak” . Dan itu dilakukan sambil mengacungkan jempol yg digoyang-goyangkan🙂

Oh yah, klo ada yg bilang ga suka sama masakan sendiri atau ngomong gini kira2 : “Biasanya kalau udah masak trus malah jd ga selera makan”, sy rasa perlu dicek dan ricek deh. Soalnya, klo kita bikin masakan sendiri yg terjamin kebersihan dan kesehatannya justru bikin kita lebih menikmatinya. Apalagi udah dimasak pake hati =D

No one who cooks, cooks alone. Even at her most solitary, a cook in the kitchen is surrounded by generations of cooks past, the advice and menus of cooks present, the wisdom of cookbook writers.
(Laurie Colwin)

2 responses

    • Mbak’eeeeee.. Td udah dibales kok ga muncul yah.. Maklumlah yah masih meraba-raba sama WP..
      Masa’ lupa sih mbak sama resep gampang gitu.. Cuma bumbu dasar pake gula merah (baca : gula jawa) kok mbak.. Hihihi, masih ingatkah tentang gula merah atau gula jawa itu? Mdh2an sudah lupa :p
      Asal jgn tiba2 nyuruh ni sil beli tempe banyak buat dimasak pedes manis yah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s